Berapa lama waktu wawancara kualitatif?

Mediapustaka.idBerapa lama waktu wawancara kualitatif? Idealnya wawancara kualitatif memerhatikan kebutuhan dari para informan, sesuai kesepakatan dengan informan dan merujuk pedoman wawancara kualitatif yang baik.

Laksmi (dalam Pendit, 2009) wawancara kualitatif biasanya berlangsung dalam waktu 30 menit hingga 3 jam. Ia mencontohkan wawancaranya yang dilakukan pada organisasi perpustakaan yang berisi pegawai dan staf perpustakaan.

Sementara Field & Morse, 1985 dalam Holloway & Wheeler, 1996) menyarankan wawancara harus selesai dalam 1 (satu) jam.

Waktu wawancara sebetulnya bergantung pada informan. Peneliti harus melakukan kontrak waktu dengan informan, sehingga mereka dapat merencanakan kegiatannya pada hari itu tanpa terganggu. Informan biasanya menginginkan waktunya cukup 1 (satu) jam.

Pada informan lanjut usia, menderita kelemahan fisik, atau sakit mungkin perlu istirahat setelah 20 atau 30 menit. Informan anak juga tidak bisa konsentrasi dalam waktu yang lama. Peneliti harus menggunakan penilaian sendiri, mengikuti keinginan informan, dan menggunakan waktu sesuai dengan kebutuhan penelitiannya.

Umumnya lama wawancara tidak lebih dari 3 (tiga) jam. Jika lebih, konsentrasi tidak akan diperoleh bahkan bila wawancara tersebut dilakukan oleh peneliti berpengalaman sekalipun. Jika dalam waktu yang maksimal tersebut data belum semua diperoleh, wawancara dapat dilakukan lagi. Beberapa kali wawancara singkat akan lebih efektif dibanding hanya satu kali dengan waktu yang panjang (Rachmawati, 2007).

Baca Juga:  Jasa edit format laporan aktualisasi

Referensi

Holloway, I & Wheeler, S. (1996). Qualitative research for nurses. London: Blackwell Science

Pendit, P. L. (2009). Merajut makna: penelitian kualitatif bidang perpustakaan dan informasi. Jakarta: Cita Karyakarsa Mandiri.