Menulis Artikel Populer dengan Copy.ai

Copy.ai lahir atas kebutuhan para creator content, mahasiswa, dosen yang kesulitan untuk membuat konten, mencari ide dan dituntut untuk mengerjakan artikel populer. Lantas bagaimana hasil generated content dengan copy.ai? dapat dimanfaatkan untuk apa saja? bagaimana tipsnya? silakan simak penjelasan artikel berikut.

Dikutip Wachid (2023) Copy.ai adalah tools AI untuk membuat konten secara otomatis. Copy.ai memanfaatkan pembelajaran mesin untuk membangun algoritma yang mampu memprediksi kata-kata yang akan ditulis selanjutnya. Dengan begitu, copy.ai membantu para penulis dalam menghasilkan konten berkualitas dengan cepat dan mudah.  Copy.ai dilatih menggunakan konten yang ditulis oleh para planner, penulis, dan copywriter profesional.

Tools copy.ai dapat dimanfaatkan untuk menulis artikel populer, artikel blog, email, media sosial, halaman penjualan, deskripsi produk, serta materi promosi.

Antarmuka copy.ai mudah digunakan sehingga pengguna awam pun dapat dengan cepat menghasilkan konten (lihat gambar). Terdapat menu chat, project untuk ai tools, workflows dan workflow library untuk automation, dan info base, brand voice untuk assets.

Tools Copy.ai untuk menulis artikel populer.
Antarmuka Tools Copy.ai untuk menulis artikel populer

Fitur copy.ai

Berikut fitur-fitur copy.ai yang dapat kamu manfaatkan untuk kebutuhan konten kreator/mahasiswa/dosen.

  1. Pembuatan Konten: Copy.Ai memungkinkan pengguna untuk membuat konten tulisan dengan bantuan AI. Pengguna dapat memberikan beberapa input atau arahan, dan platform akan menghasilkan tulisan berdasarkan informasi yang diberikan.
  2. Pemeriksaan Teks: Copy.Ai juga dapat membantu dalam memeriksa dan mengoreksi teks. Ini bisa meliputi pengecekan tata bahasa, ejaan, tanda baca, dan kualitas umum tulisan.
  3. Penyuntingan Konten: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengedit dan memformat konten yang telah dihasilkan oleh AI. Pengguna dapat membuat perubahan dan penyesuaian sesuai kebutuhan mereka.
  4. Pencarian dan Penyusunan Ide: Copy.Ai dapat menyediakan saran ide atau topik tulisan berdasarkan input atau kata kunci yang diberikan. Fitur ini berguna bagi penulis yang sedang mencari inspirasi atau mencari arah untuk materi tulisan mereka.
  5. Integrasi dengan Platform Lain: Beberapa platform AI language model, termasuk Copy.Ai, dapat diintegrasikan dengan platform lain seperti CMS (Content Management System) atau alat pemasaran digital. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengimpor dan menggunakan hasil tulisan AI mereka di berbagai platform.
Baca Juga:  3 Aplikasi AI untuk Review Jurnal

Selain fitur-fitur diatas, copy.ai juga menyediakan tambahan berikut.

    1. Cek plagiasi. Mengecek presentase tingkat kemiripan tulisan dengan artikel di website lain. Fitur ini sangat bermanfaat bagi creator. Pastikan jumlah plagiasi kamu < 30% atau 70% unik.
    2. Paraphrase / Text Rewriter. Kamu bisa tulis ulang hasil copy artikel dari internet, masukan di copy ai untuk mengurangi plagiasi.
    3. Tersedia Banyak Macam Template. Contohnya Recommended Workflows, Content/SEO, Sales, Email Marketing, Paid Ads, Classic Tools yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan (lihat gambar).
Tools Copy.ai untuk fitur
Fitur Copy.ai 

Cara menulis artikel populer dengan Copy.ai

Langkah Pertama

Buka https://www.copy.ai/, Silakan login!

Tuliskan perintah [prompt]

Buatkan list judul dengan tema “membuat artikel dengan AI

Copy ke textbox [Ask or search anything] copy.ai dan send (kirim/enter)

Ganti tema (teks berwarna merah) sesuai dengan kebutuhan tema. Lihat hasilnya.

Buat judul dengan copy.ai
Buat judul dengan copy.ai

Silahkan pilih judul sesuai tema yang kamu inginkan. Terdapat 1-9 judul yang bisa kamu pakai untuk hasilkan konten artikel populer.

Langkah Kedua

Membuat outline (kerangka) artikel populer sesuai dengan judul yang dipilih. Disini saya memilih judul nomor 2 “Cara Mudah Membuat Artikel dengan Bantuan AI”.

Tuliskan perintah [prompt]

Buatkan outline artikel populer dengan judul “Cara Mudah Membuat Artikel dengan Bantuan AI

Copy ke textbox [Ask or search anything] copy.ai dan send (kirim/enter)

Baca Juga:  Contoh daftar pustaka APA Style

Ganti tema (teks berwarna merah) sesuai dengan kebutuhan judul. Lihat hasilnya.

Outline artikel dengan copy.ai
Outline artikel populer dengan copy.ai

Langkah Ketiga

Membuat penjelasan tiap section (sub judul/heading) dari setiap outline artikel populer.

Tuliskan perintah [prompt]

Buatkan deskripsi untuk section I. Pendahuluan: Pengenalan AI dalam pembuatan blog, Latar belakang mengapa AI menjadi pilihan dalam pembuatan blog, Tujuan pembahasan artikel

Copy ke textbox [Ask or search anything] copy.ai dan send (kirim/enter)

Ganti tema (teks berwarna merah) sesuai dengan kebutuhan judul. Lihat hasilnya.

Deskripsi section dengan copy.ai
Deskripsi section dengan copy.ai

Ulangi perintah [prompt] untuk section II-VIII.

Copy hasil ke word, lihat contoh hasil artikel blog dari copy ai disini.

Langkah Keempat

Periksa plagiasi artikel yang dibuat dari copy.ai dengan cek melalui copy.ai plagiarsm checker. Pastikan 70% unik, atau tidak memiliki plagiasi lebih dari 30% untuk di publish di blog atau website.

Pilih menu AUTOMATION > WORKFLOW, cari Plagiarism di kotak pencarian.

Masukan teks ke Input, lalu klik Run Workflow(lihat gambar).

Plagiarsm checker dengan copy.ai
Plagiarism checker dengan copy.ai

Lihat hasilnya berikut

hasil Plagiarism checker dengan copy.ai
Plagiarism checker dengan copy.ai

Demikianlah langkah demi langkah cara menulis artikel populer dengan copy.ai.

Perlu di ingat, bahwa copy.ai hanya tools yang membantu memudahkan membuat artikel instan, memberikan sumber ide, sehingga perlu untuk memvalidasi hasilnya, melakukan pembacaan ulang agar terbaca oleh manusia (pembaca). Semoga bermanfaat!