Tutorial Mencari Ide Judul Jurnal, Riset, dan Skripsi

Mediapustaka.id – Mencari Ide Judul Jurnal, Riset, dan Skripsi tidaklah sulit untuk dicari. Kamu bisa memulai mencari dan membaca beberapa penelitian sejenis sebelumnya, menelaah aspek yang telah dibahas dan kekurangan penelitian, serta mengetahui kebaruan dari topik yang akan diangkat. Inilah dinamakan membuat literature review biasa.

Selain itu, tema dan topik riset terkini dapat dilihat juga dalam forum ilmiah seperti konferensi nasional dan konferensi internasional sesuai bidang yang kamu minati.

Bahkan dengan adanya AI, seperti ChatGPT dan Gemini, kamu bisa bertanya mengenai rekomendasi judul riset yang akan kamu lakukan.

Tutorial Mencari Ide Judul Jurnal, Riset, dan Skripsi

1. Bertanya kepada AI ChatGPT dan Gemini

Sekarang ini, Mencari, menemukan dan memilih Ide Judul Jurnal, Riset, dan Skripsi semakin mudah dengan adanya AI seperti ChatGPT dan Gemini. Kamu cukup tuliskan tema yang kamu minati di tombol chatbot, secara otomatis mereka akan memberikan jawaban dengan cepat.

Contohnya, sebagai berikut.

2. Melihat Tema-sub tema Konferensi

Dalam konferensi, mereka biasanya membuat pengumuman dan laman konferensi yang berisi tema dan sub tema konferensi sesuai keilmuan. Tema dan sub tema ini yang dapat kamu jadikan sebagai sumber ide dan referensi menulis judul skripsimu.

Baca Juga:  Cara membuat presentasi animasi online

Tema dalam konferensi tepat dijadikan sebagai ide menulis, karena biasanya sesuai kebaruan dan mengikuti perkembangan. Kamu bisa pilih salah satu konferensi (nasional/internasional) pilih tema yang sesuai dengan minat menulis skripsimu.

Sebagai contoh, saya akan berikan gambaran singkat mengenai Judul Jurnal, Riset dan Skripsi berkaitan dengan tema “Perpustakaan Digital”. Tema ini diangkat sesuai dengan latar belakang dan ketertarikan saya akan tema ini.

Saya memilih salah satu konferensi nasional yang rutin digelar yaitu Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI). Didalamnya terdapat berbagai tema, sub tema dan topik yang dapat dijadikan referensi untuk menulis judul skripsi.

Contoh topik yang diangkat dalam KPDI ke-12:

  • Peran perpustakaan digital dalam ekosistem digital dan society 5.0
  • Kompetensi Pustakawan (berbasis SKKNI) dalam ekosistem digital
  • Hak cipta dan pelaksanaan serah simpan karya cetak dan karya rekam untuk menunjang ekosistem digital
  • Perpustakaan digital dalam ekosistem digital berinklusi sosial

Salah satu topik di atas dapat dijadikan topik yang diangkat menjadi riset, dan referensi judul.

Contoh lain, International Conference on Asia-Pacific Digital Libraries (ICADL)  membahas tema Perpustakaan digital.

  • Information Technologies, Data Science & Applications
  • Cultural Information, Digital Humanities & Scholarly Data Analysis
  • Social Informatics and Socio-technological Issues in Digital Libraries

3. Membuat Literature Review Biasa

Langkah pertama yang dilakukan dalam membuat literature review (kajian literatur) adalah menentukan topik/tema yang dibahas. Kamu bisa ikuti tutorial pertama dan kedua (menemukan di tema konferensi/bertanya ke AI). Misalkan kamu memilih tema “preservasi arsip digital”.

Baca Juga:  Cara membuat halaman berbeda di Word untuk Skripsi

Langkah kedua, mencari penelitian sejenis sebelumnya (minimal 5 jurnal) di database yang dilanggan kampus atau database open access DOAJ atau Google Scholar atau Consensus AI. Silakan pilih salah satu, lalu cari artikel di database yang dipilih. Kamu juga bisa unduh lewat Sci-hub.se jika tidak punya akses tersebut melalui pintu belakang (Black Access).

Langkah ketiga, silakan sintesis literatur yang ditemukan. Tandai tema, penulis, judul, tujuan, metode, temuan termasuk kekurangan penelitian dan penelitian yang bisa dibahas selanjutnya. Lalu bikin sebuah tabel komparasi dari 5 artikel yang ditemukan. Sehingga kamu bisa ambil ide dari temuan tersebut. Kamu juga bisa kombinasikan sintesis ini dengan AI seperti ChatPDF.

Langkah keempat, silakan tulis aspek yang belum dibahas di dalam penelitian sebelumnya, yang kemudian bisa

Demikian Tutorial Mencari Ide Judul Jurnal, Riset, dan Skripsi dengan bertanya kepada AI, melihat konferensi, dan menulis literatur review biasa.