Cara mencari jurnal tujuan submit dan terbit

Cara mencari jurnal tujuan submit dan terbit – Seringkali kita merasa kesulitan menentukan jurnal tujuan untuk submit artikel yang kita miliki. Baik untuk di publish nasional maupun internasional. Sebenarnya cara nya cukup mudah. Berikut ini cara cepat dan tepat menentukan jurnal tempat kita submit.

Cek daftar pustaka

Mungkin sebagian dari kita belum tahu tips cek jurnal tujuan di dapus. Jika kita perhatikan sumber referensi yang kita miliki, baik nasional dan internasional selalu ada jurnal yang kita kutip dan linier dengan bidang yang kita teliti. Kamu bisa ambil dan cek jurnal tempat mereka diterbitkan. Contohnya kamu mencantumkan beberapa referensi berikut:

  • Wahyuni, E. A., Priyatna, A., & Prabasmoro, T. (2022). Konstruksi gender dalam sastra anak Sunda Nala karya Darpan. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial6(1).
  • Butler, J. (1988). Performative Acts and Gender Constitution: An Essay in Phenomenology and Feminist Theory. Theater Journal,40. No.4, 519-531. (The Johns Hopkins University Press)
  • Craig, T., & Lacroix, J. (2011). Tomboy as Protective Indentity. Journal of Lesbian Studies,15, 450-465
  • Soelistyarini, T. D. (2013). Representasi Gender Dalam Cerita-Cerita Karya Penulis Anak Indonesia Seri KKPK. MOZAIK: Jurnal Ilmu HUmaniora,14, No.2

Beberapa jurnal yang diberi tanda tebal tersebut dapat menjadi acuan tempat kamu menerbitkan jurnal.

Cek scope jurnal melalui Sinta

Cara ini lebih mudah dan tepat sasaran karena kita dapat membatasi akreditasi sinta 1-6. Misal scope jurnal kita terkait kajian humaniora / ilmu budaya. Maka kita dapat langsung menuju laman https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/?q=ilmu%20budaya. Hasilnya ada beberapa opsi tempat yang bisa kita terbitkan jurnal disana.

cek jurnal akreditasi sinta

Cek di Google dan Google Scholar

Cara ini lebih umum dan luas untuk mencari tahu tempat jurnal tujuan yang akan kita submit. Kamu bisa ketikan kata kunci dan scope jurnal di kota pencarian Google. Maka Google akan merekomendasikan beberapa jurnal yang bisa kamu cek.

Baca Juga:  Berapa persen maksimal skor plagiasi jurnal nasional?

Ada beberapa pilihan, contohnya:

  • Humanus: Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Humaniora
  • Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora
  • Titian: Jurnal Ilmu Humaniora
  • Jurnal Penelitian Humaniora
  • Retorik: Jurnal Ilmu Humaniora

cek jurnal tempat terbit di Google

Kamu juga bisa lakukan cek jurnal ini di Google Scholar.

contoh tempat terbit jurnal di google scholar