7 Tips Konversi Skripsi Menjadi Publikasi di Jurnal Internasional Scopus
7 Tips Konversi Skripsi Menjadi Publikasi di Jurnal Internasional Scopus

7 Tips Konversi Skripsi Menjadi Publikasi di Jurnal Internasional Scopus – Publikasi di jurnal internasional Scopus merupakan salah satu pencapaian yang sangat diidamkan oleh para peneliti dan mahasiswa. Selain meningkatkan reputasi dan citra, publikasi di jurnal internasional Scopus juga dapat memperluas jangkauan penelitian dan meningkatkan aksesibilitas publikasi. Namun, untuk dapat dipublikasikan di jurnal internasional Scopus, diperlukan kerja keras dan persiapan yang matang.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk konversi skripsi menjadi publikasi di jurnal internasional Scopus.

1. Pilih jurnal yang tepat

Pilihlah jurnal yang sesuai dengan topik penelitian yang dilakukan dan pastikan bahwa jurnal tersebut terindeks oleh Scopus. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa publikasi akan tercatat secara resmi di dunia akademik. Untuk mengecek jurnal yang terindeks scopus silakan cek Scimago JR atau Scopus untuk mengecek peringkat quartile Q1-Q4 dan masa berlakunya indeks tersebut.

2. Pelajari format dan gaya penulisan jurnal

Pelajari format dan gaya penulisan jurnal yang diminta oleh jurnal yang dipilih. Hal ini penting karena setiap jurnal memiliki persyaratan penulisan yang berbeda-beda. Dalam hal ini, pastikan bahwa tulisan telah sesuai dengan panduan penulisan jurnal yang ada. Panduan ini biasanya disebut Author Guidelines dan terdapat template yang bisa berupa .docx atau latex.

Baca Juga:  Apa itu Focus Group Discussion (FGD)?

3. Pastikan metode penelitian yang digunakan tepat

Pastikan bahwa metode penelitian yang digunakan sesuai dengan standar yang diterima oleh dunia akademik. Lakukan penelitian dengan seksama dan pastikan bahwa data yang dihasilkan akurat dan relevan dengan topik penelitian. Gunakan pendekatan sesuai, misalnya kualitatif, kuantitatif dan mix method.

4. Sampaikan hasil penelitian secara jelas dan sistematis

Pastikan bahwa hasil penelitian disampaikan dengan jelas dan sistematis. Hindari menggunakan bahasa yang ambigu atau tidak jelas dan pastikan bahwa kesimpulan yang ditarik didukung oleh data yang dihasilkan. Dalam penulisan jurnal biasanya terdiri dari IMRAD yaitu introduction, method, result and disscussion. 

5. Gunakan bahasa yang tepat dan mudah dimengerti

Gunakan bahasa yang tepat dan mudah dimengerti. Hindari penggunaan bahasa yang berlebihan atau kata-kata yang tidak perlu. Pastikan bahwa tulisan mudah dipahami oleh pembaca dari berbagai latar belakang.

6. Periksa tata bahasa dan gaya penulisan

Pastikan bahwa tulisan telah diperiksa tata bahasa dan gaya penulisan. Hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan yang dapat mengganggu kesan profesional dari publikasi. Gunakan platform typo checker dan atau grammarly.

7. Cek keaslian tulisan

Pastikan bahwa tulisan telah diperiksa keasliannya dengan menggunakan software pemeriksa plagiarisme. Jangan mencantumkan hasil penelitian atau data dari sumber lain tanpa mencantumkan referensi yang tepat. Contoh cek plagiasi seperti Turnitin (berbayar) ataupun gratisan.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan peluang mereka untuk dapat dipublikasikan di jurnal internasional Scopus. Namun, selain tips di atas, ada beberapa hal lain yang juga perlu diperhatikan, seperti memilih judul yang menarik dan relevan, menggunakan grafik atau tabel untuk mendukung hasil penelitian, dan mengirimkan publikasi dengan tepat waktu dan lengkap dengan dokumen yang dibutuhkan.

Baca Juga:  Membuat Jurnal dengan BARD

Q&A Tips Konversi Skripsi Menjadi Publikasi di Jurnal Internasional Scopus

Q: Apa itu jurnal internasional Scopus?

A: Jurnal internasional Scopus adalah jurnal akademik yang terindeks oleh Scopus, sebuah pangkalan data referensi dan abstrak yang mencakup ribuan jurnal dari berbagai bidang ilmu.

Q: Mengapa penting untuk mempublikasikan hasil penelitian di jurnal internasional Scopus?

A: Memiliki publikasi di jurnal internasional Scopus dapat meningkatkan reputasi dan citra, memperluas jangkauan penelitian, meningkatkan aksesibilitas publikasi, serta membantu memastikan bahwa publikasi tercatat secara resmi di dunia akademik.

Q: Apa yang harus diperhatikan dalam memilih jurnal untuk publikasi?

A: Pilih jurnal yang sesuai dengan topik penelitian dan pastikan bahwa jurnal tersebut terindeks oleh Scopus. Hal ini dapat membantu memastikan bahwa publikasi akan tercatat secara resmi di dunia akademik.

Q: Apa yang harus diperhatikan dalam penulisan publikasi untuk jurnal internasional Scopus?

A: Pelajari format dan gaya penulisan jurnal yang diminta oleh jurnal yang dipilih, pastikan metode penelitian yang digunakan tepat, sampaikan hasil penelitian secara jelas dan sistematis, gunakan bahasa yang tepat dan mudah dimengerti, periksa tata bahasa dan gaya penulisan, dan cek keaslian tulisan.

Q: Apa yang dapat meningkatkan peluang publikasi diterima di jurnal internasional Scopus?

A: Selain tips di atas, beberapa hal lain yang dapat meningkatkan peluang publikasi diterima di jurnal internasional Scopus adalah memilih judul yang menarik dan relevan, menggunakan grafik atau tabel untuk mendukung hasil penelitian, dan mengirimkan publikasi dengan tepat waktu dan lengkap dengan dokumen yang dibutuhkan.