Biaya publikasi jurnal terindeks Sinta 2

Biaya publikasi jurnal terindeks Sinta 2 – Kebutuhan publikasi jurnal menjadi konsumsi pokok bagi para dosen, akademisi dan mahasiswa. Bagi mahasiswa, menerbitkan jurnal wajib dilakukan untuk memenuhi persyaratan mengambil ijazah ataupun sidang. 

Lain hanya dengan dosen, menerbitkan jurnal merupakan kewajiban. Mereka akan mendapatkan poin (kum), semakin tinggi akreditasi jurnal, semakin baik dan peroleh poin tinggi

Lantas seberapa sulit menerbitkan jurnal terakreditasi dan terindeks SINTA? Berikut prosedur dan tahap-tahap ketika akan submit jurnal.

  1. Penulis perlu menentukan scope dan bidang keilmuan sesuai topik jurnal yang dikaji. Biasanya penulis dapat melihat daftar pustaka yang dikutip dan memilih jurnal tersebut sebagai target publikasi. Target publikasi inilah yang nanti akan menjadi tempat penulis menerbitkan jurnal.
  2. Penulis harus menyesuaikan jurnal sesuai author guideline, hal ini termasuk mengunduh template jurnal, menyesuaikan referensi menggunakan aplikasi mendeley dan lolos cek plagiasi turnitin biasanya kurang dari 20%.
  3. Menerbitkan jurnal memerlukan proses review dan editing, sehingga perlu beberapa tahap. Tiap penerbit jurnal memiliki SOP, ada yang memerlukan waktu hingga satu bulan untuk proses review dan editing jurnal
  4. Lama terbit jurnal biasanya periodik, 2-3 kali setahun. 1 volume biasanya terdiri dari beberapa jurnal. Malahan penerbit jurnal, terkadang menyimpan jurnal untuk diterbitkan tahun depan karena kuota penuh.
  5. Biaya penerbitan sesuai kebijakan. Ada yang membebankan kepada penulis sehingga harus bayar author fee dan ada juga yang bebas (gratis) sampai terbit.
Baca Juga:  Langkah-langkah Melihat Peringkat Jurnal Terakreditasi Sinta

Jika dilihat dari proses publikasi jurnal di atas, proses penerbitan dilakukan secara terstruktur dan sistematis. Perlu upaya dan effort yang cukup bagi penulis untuk terbitkan jurnal.

Ini dia biaya publikasi jurnal terindeks Sinta 2

Biaya publikasi Sinta 2

Berikut ini daftar jurnal bidang ilmu sosial dan humaniora terakreditasi Sinta 2, beserta biaya proses submit hingga terbit.

1. Jurnal kawistara

Biaya publikasi jurnal Sinta 2 di kawistara

Jurnal Kawistara terindeks Sinta 2 dan dikelola oleh Sekolah Pascasarjana UGM. Biaya publikasi jurnalnya yaitu 750.000 untuk jurnal yang diterima. Selengkapnya https://jurnal.ugm.ac.id/kawistara/about/submissions#authorFees

2. Jurnal ilmu sosial dan humaniora (JISH)

Biaya publikasi jurnal Sinta 2 di JISH

Terakdreditasi Sinta 2, dikelola oleh LPPM Universitas Pendidikan Ganesha. Biaya penerbitan apabila jurnal diterima yaitu 750.000. Selengkapnya https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/about

3. Jurnal Sosiohumaniora

Biaya publikasi jurnal Sinta 2 di Sosiohumaniora

Dikelola oleh Direktorat Pendidikan dan Internasionalisasi, Universitas Padjadjaranm terakreditasi Sinta 2. Adapun biaya publikasi apabila diterima yaitu sebesar Rp. 2.000.000/ Selengkapnya http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/about/submissions#authorFees

Nah itulah tadi beberapa biaya publikasi jurnal terakreditasi Sinta 2, dimulai dari 750ribu – 2juta rupiah. Silakan cek laman Sinta https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/?q=ilmu%20sosial untuk melihat biaya publikasi jurnal lainnya. Beberapa jurnal lain ada pula yang tidak mebebankan biaya publikasi ke penulis (Gratis hingga terbit).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *