Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat dan Tips dalam Publikasi Jurnal Nasional

Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Jurnal diterbitkan secara berkala, tersertifikasi ISSN dan memiliki lingkup lokal (nasional) ataupun internasional. Jurnal sudah terakreditasi dan sengaja diterbitkan untuk membawa pembaharuan dalam ilmu pengetahuan begitu juga dengan perkembangannya. Jurnal ilmiah disusun secara sistematis dan menggambarkan sebuah penelitian mutakhir. 

Jurnal perlu dipublikasi agar dapat dilihat oleh masyarakat secara luas dan bermanfaat. Jika jurnal sudah dipublikasi, maka bisa jadi referensi untuk membantu penelitian orang lain 

Cara publikasi jurnal nasional ternyata mudah, terpenting kita harus tahu caranya. Sebagai seorang mahasiswa, pasti kita pernah melakukan publikasi jurnal nasional. Publikasi secara gratis biasanya banyak dicari oleh mahasiswa atau pelajar karena tuntutan tugas dari Dosen ataupun syarat wisuda yang harus dipenuhi. 

Pentingnya Publikasi Jurnal Nasional 

Pentingnya publikasi jurnal nasional yaitu sebagai rekam jejak atau bukti nyata dari peneliti maupun akademisi. Pembuat jurnalnya juga sudah dianggap profesional, atau yang kita kenal dengan akademisi. Kepentingan eksistensi dan jabatan juga ada disini. 

Untuk para pencari ilmu, bisa mendapatkan sumber referensi banyak dari penyusun jurnal. Jurnal nasional itu penting karena bentuk upgrade dan update akan ilmu pengetahuan apapun.

Syarat dan Tips dalam Publikasi Jurnal Nasional

Sebelum melakukan publikasi jurnal nasional, kita perlu cek syarat dan tipsnya dulu agar tidak salah, diantaranya:

Syarat

  • Memiliki artikel ilmiah yang dibuat sendiri (karya original) dan tidak copas (plagiat). 
  • Pembuatan artikel berdasarkan format dan aturan yang berlaku dari suatu lembaga atau penyedia (tempat) publikasi jurnal 
  • Artikel yang dikaji disesuaikan dengan bidang ilmu di tempat (penyedia) publikasi jurnal. 
  • Pemilihan topik diambil dari isu terkini atau ilmu-ilmu terkini. 

Tips

  • Cek tulisan menggunakan tools plagiasi (sudah tersedia di web), misal plagiarism checker.
  • Melakukan proofreading dalam menghindari kesalahan akan penulisan.
  • Pilih tempat publikasi yang sesuai dengan disiplin/bidang ilmu.

Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Berikut ini adalah cara yang perlu ditempuh dalam mempublikasikan jurnal nasional secara gratis, diantaranya:

1. Gabung di Asosiasi Tertentu

Dengan gabungnya di asosiasi tertentu, membuat kita mudah dalam mendapatkan informasi akan penerbitan jurnal sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki akademisi. 

Misal kita lihat dalam ilmu kedokteran, yang mana terdapat jurnal yang akan dipublikasikan secara nasional dan gratis. Untuk mendapatkan hal tersebut, para akademisi atau penulis jurnal bisa gabung ke asosiasi dokter dengan menerbitkan jurnal kesehatan. Peluang mendapatkan relasi juga ada. 

2. Mengirim artikel ke Penerbit Jurnal Internal

Penulis bisa mengirimkan karya ke lembaga yang menerbitkan jurnal secara internal. Terdapat beberapa lembaga yang khusus menerbitkan jurnal dari anggotanya, dan itu bisa dicoba. 

Misal suatu universitas mempunyai tempat khusus dalam menerbitkan jurnal, dan kadang ada universitas yang memiliki persyaratan sebelum lulus melakukan upload jurnal bagi mahasiswanya. Jadi cara publikasi jurnal nasional gratis ini bisa dicoba. 

3. Mengirim artikel secara online melalui OJS

Open Journal System (OJS) adalah platform dalam mengelola maupun menerbitkan jurnal ilmiah secara online. Pastinya gratis, dan dikembangkan oleh Public Knowledge Project (PKP) dan di bawah lisensi Publik Umum GNU.

Dalam menerbitkan jurnal lewat OJS, bisa mengikuti tahap-tahap berikut:

  • Masukkan jurnal atau artikel ke dalam web OJS. 
  • Unggah file jurnal dan isi meta data maupun yang lainnya, meliputi isi artikel atau jurnal sepenuhnya, mulai dari data lengkap penulis, judul dan isi jurnal, kata kunci, dan daftar pustaka. 
  • Unggah file tambahan seperti data penelitian, gambar, dan tabel pendukung (jika diperlukan).
  • Akan muncul ringkasan data dari file yang terunggah, kemudian klik tombol Finish Submission.
  • Setelah semua tahapan selesai, maka klik tombol Active Submission pada User Home agar bisa melihat status naskah artikel.

Berikut ini daftar penerbit jurnal rumpun ilmu humanoria berbasis OJS yang menerima kiriman artikel penulis, dan terbit secara gratis dan tanpa biaya:

Nah, itulah penjelasan mengenai cara publikasi jurnal nasional gratis secara mudah dan cepat, pastinya semua karya yang diberikan sudah dicek akan mutu dan kualitas lainnya, berdasarkan aturan dari penyedia penerbit jurnal secara nasional. Semoga bermanfaat. 
Media Pustaka Indonesia
Media Pustaka Indonesia Asistensi penulisan terbaik, insight dan rekomendasi jurnal. Keperluan jasa, silakan hubungi Whatsapp kami.