Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini daftar pekerjaan seorang Freelencer

Ini daftar pekerjaan Freelencer yang wajib kamu tahu

Siapa sih yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan bekerja sewaktu-waktu, dirumah dan secara online? atau kamu ingin bekerja sesuai keahlian yang kamu miliki tanpa bergantung pada perusahaan miliki orang lain?

Jika Ya, maka jawabannya adalah kamu bisa ambil peran sebagai freelencer (pekerja lepas). Ada banyak job yang kamu bisa tawarkan. Tentunya kamu bisa menawarkan secara mandiri atau ikut gabung di komunitas freelencer. 

Sebelum lebih jauh, kita bahas dulu apa itu freelencer, apa saja yang termasuk keahlian atau layanan yang ditawarkan freelencer, dan berapa gajinya.

Pada tahun 1970, pekerjaan Freelencer (pekerja lepas) dikenal dengan istilah Boundaryless Worker atau Pekerja Tanpa Batas. Nama Boundaryless Worker diberikan karena freelancer tidak memiliki batasan untuk mendapatkan pekerjaan, customer dapat berasal dari bagian dunia mana pun (Kazi et al. 2014). 

Sebagian besar pekerjaan Freelencer dilakukan secara online, menggunakan laptop dan koneksi internet sudah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan. Pembayaran dilakukan dengan metode transfer rekening bank. 

Freelencer menjual pengetahuan dan keterampilan profesional mereka, tetapi tidak ada yang lain. Ini membedakan mereka dari pengusaha  yang menjual produk atau layanan nyata, yang sering dibuat oleh produsen lain.

Berbagai daftar pekerjaan Freelencer telah dirangkum oleh oDesk (sekarang dikenal Upwork). Upwork adalah portal web dan platform populer bagi freelencer dan pemberi kerja untuk saling menemukan. 

Daftar pekerjaan yang dirangkum Upwork menunjukkan pekerjaan yang dilakukan freelancer, tercantum pada gambar di bawah ini: 

daftar pekerjaan Freelencer

Berdasarkan gambar di atas, terdapat beragam pekerjaan yang dapat dipilih untuk menjadi freelencer. Beberapa pekerjaan freelencer contohnya penulisan artikel dan blog, terjemah, konten website, copy writing, desainer grafis, dll. 

Freelencer dapat memilih untuk bekerja secara mandiri penuh waktu atau memanfaatkan bakat mereka sebagai pekerjaan sampingan. Sementara freelencer mencakup sebagian besar industri. 

Payoneer dalam businessnewsdaily mencatat bahwa bidang Freelencer yang populer meliputi desain web, desain grafis, pemrograman, dan TI.

Contoh pekerjaan freelencer populer adalah freelence writer. Freelence writer, copywriter, dan pembuat konten membuat posting blog, menulis artikel, mengedit, memproduksi studi kasus dan menulis resume. Bergantung pada keahlian, beberapa perusahaan membayar lebih dari $100 per jam untuk penulisan legal, copywriting, dan penulisan teknologi.

Jika kamu tertarik untuk menulis lepas, penting untuk mendidik diri sendiri tentang pengoptimalan mesin pencari, kata kunci, dan pembuatan tautan. Hal ini karena mesin pencari terutama Google, telah mengubah alogaritma periklanan online.

Nah itulah tadi penjelasan mengenai freelencer, dan pekerjaan apa saja yang termasuk di dalamnya. Apakah kamu tertarik menjadi freelencer? atau ada pengalaman menarik lainnya? Semoga artikel ini membuatmu tercerahkan ya. 

Referensi:

Kazi, A. G., Yusoff, R., Khan, A., & Kazi, S. (2014). Sains Humanika The Freelancer : A Conceptual Review. 3, 1–7.

Reckmann, N. (2022). "In Most Countries, Freelancers Earn More Than Average Workers" dalam https://www.businessnewsdaily.com/7959-freelance-pay-rates.html diakses pada 3 Juni 2022. 

Media Pustaka Indonesia
Media Pustaka Indonesia Asistensi penulisan terbaik, insight dan rekomendasi jurnal. Keperluan jasa, silakan hubungi Whatsapp kami.