Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

+6 Aplikasi resume jurnal otomatis

+6 Aplikasi resume jurnal otomatis

Mediapustaka.id - Resume jurnal atau dikenal Automatic summarization merupakan proses mempersingkat satu set data (teks, gambar, dan video) secara komputasi untuk membuat subset yang mewakili informasi relevan dalam data asli. Automatic summarization dapat digunakan untuk meringkas teks jurnal, bab buku secara instan. Paragraf panjang menjadi singkat. Aplikasi resume teks otomatis menghasilkan rangkuman yang biasanya menonjolkan inti paragraf pada setiap artikel.

Aplikasi sangat membantu, tetapi perlu diingat bahwa saat mendapat tugas atau artikel sama, maka kemiripan hasil bisa terjadi. Kemiripan ini dapat dicek dengan menggunakan aplikasi Turnitin.

6 aplikasi resume jurnal otomatis ini dapat dimanfaatkan oleh siapapun, sebagai berikut:

1. Text Summarization

Buka textsummarization.net - Copy-paste paragraf yang mau diringkas ke kotak yang tersedia Pilih jumlah kalimat yang diinginkan, misal 5 paragraf kamu bisa mendapat 6 kalimat dst. klik summarize now.

https://textsummarization.net/

2. Resoomer

Buka resoomer.com - Copy-paste paragraf yang mau diringkas ke kotak yang tersedia - klik resoomer secara otomatis akan diringkas Tools ini menampilkan text reduce misal dari 637 kata menjadi 259 kata.

Resoomer

3. Esummarizer

Buka esummarizer.com - Copy-paste paragraf ke kotak yang tersedia Pilih jumlah kalimat klik Summarize Simpan hasilnya.

esummarizer.com

4. Paraphraser.io

Buka paraphraser.io - Copy-paste paragraf ke kotak yang tersedia. Pilih Im not a robot. klik Summarize Now. Simpan hasilnya. 

Selain merangkum teks, paraphraser.io juga dapat melakukan beragam fungsi seperti Article Rewriter, Plagiarism Checker, Grammar Checker, dan Citation Generator.

Paraphraser.io

5. Resumidor

Buka Resumidor - Copy-paste paragraf ke kotak yang tersedia. Klik Meringkaskan. Simpan hasilnya. 

Resumidor

6. Smodin

Buka smodin.io  - Copy-paste paragraf ke kotak yang tersedia. Klik Meringkaskan. Simpan hasilnya. 

smodin.io

Selain 6 aplikasi rangkuman teks di atas, terdapat juga beberapa aplikasi lainnya seperti Editpad. Selain dapat meringkas teks, Editpad juga memiliki Plagiarism Checker dan Paraphrasing (parafrase). Berikut langkah merangkum teks di Editpad.org. Copy-paste paragraf ke kotak yang tersedia. Klik Meringkaskan. Simpan hasilnya. 

Editpad

Referensi:

Pramudyo, GN. 2021. 3 Aplikasi resume otomatis (Automatic summarization) dalam https://www.ganipramudyo.web.id/2021/07/3-aplikasi-resume-otomatis-automatic-.html

Media Pustaka Indonesia
Media Pustaka Indonesia Asistensi penulisan terbaik, insight dan rekomendasi jurnal. Keperluan jasa, silakan hubungi Whatsapp kami.