Cara Membuat eBook Mudah dan Gratis
Cara Membuat eBook Mudah dan Gratis

Cara Membuat eBook Mudah dan Gratis – Membuat eBook sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Apalagi sekarang eBook menjadi primadona. Karena beberapa alasan orang juga memilih eBook. Nah, sebelum membahas cara membuat eBook, mari kita bahas terlebih dahulu beberapa kelebihan eBook dibandingkan dengan buku fisik.

Cara Membuat eBook dengan Mudah dan Gratis

Pilih Tema atau Topik

Tema atau topik tulisan akan membantu Anda mengembangkan ide yang dapat diubah menjadi eBook yang berkualitas. Anda bisa memikirkan novel, buku masak, swadaya atau yang lainnya. Kemudian, rindu menjadi sebuah novel bertema persahabatan, kehidupan atau percintaan. Atau bisa juga resep kue keirng, kue basah, makanan tradisional dan lain-lain.

Buat Judul yang Menarik

Judul yang menarik akan membuat pembaca merasa ingin membaca buku Anda nantinya. Jadi, pastikan judulnya menggambarkan isi buku dan fikirkan sampul yang tepat sehingga dapat mengundang rasa penasaran untuk calon pembaca. Misalnya, daripada memberi judul Cara Membuat Bisnis, buatlah Cara Membangun Bisnis dengan Modal Minim, Menghasilkan Omzet Puluhan Juta dan sebagainya.

Baca Juga:  Jasa edit format laporan aktualisasi

Outline

Buat outline buku untuk dikembangkan menjadi buku yang lengkap dan juga menarik untuk dibaca sampai selesai. Usahakan agar topik antar bab atau sub bab bisa berkesinambungan satu sama lain sehingga buku Anda dibaca sampai selesai. Selain itu, memuat outline akan memudahkan Anda mengembangkan ide tulisan.

Desain Visual

Buat desain tata letak visual, font, warna, dll yang sesuai dengan tema dan topik buku yang Anda tulis. Selain menulis buku, Anda juga dapat membuat desain ini menggunakan Canva atau desain visual ini.

Tulis isi eBook

Setelah matang dengan semua yang telah disebutkan sebelumnya, maka Anda siap untuk menulis sebuah eBook. Anda dapat menulis ini melalui MS Office, Google Docs, atau aplikasi dan alat yang disebutkan sebelumnya. Anda juga dapat bereksperimen dengan ilustrasi yang memanjakan para pembaca agar tidak bosan dengan sekian banyaknya teks.

Buat Sampul

Mendesain sampul atau cover eBook juga tidak kalah pentingnya karena sebelum melihat isi buku dan membaca sinopsisnya, calon pembeli akan menutup cover buku tersebut. Buatlah cover yang dapat menggambarkan isi buku secara keseluruhan dan juga menarik untuk dilihat.

 

Kelebihan eBook dibandingkan Buku Fisik

Praktis

Kepraktisan adalah salah satu kekuatan eBook. Anda dapat membawa ratusan buku dalam satu tablet, Kindle, atau ponsel. Fisik buku harus mempertimbangkan berat dan dimensinya, sehingga tidak bisa dibawa dalam jumlah banyak sekaligus.

Baca Juga:  Biaya publikasi jurnal terindeks Sinta 2

Mudah Didapatkan

Anda bisa mendapatkan eBook di mana saja dari yang gratis hingga berbayar. Dan begitu dibeli, Anda bisa langsung mengaksesnya. Tidak seperti buku nyata, Anda juga harus menunggu beberapa saat sehingga buku itu sampai di tangan Anda jika Anda membeli secara online.