Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu parafrase? Begini definisi, manfaat, teknik dan contohnya

Apa itu parafrase? begini penjelasannya

Jika kamu sedang mencari bacaan mengenai apa itu parafrase, maka artikel ini akan memberikan penjelasan ringkas dan jelas. 

Parafrase (parafrasa) merupakan metode meringkas dan menulis ulang poin penting pada artikel/ makalah. Menggunakan parafrase sama halnya mengutip ide orang lain dengan mencantumkan sumber utama. 

Parafrase dilakukan dengan cara menulis ulang sesuai pemahaman kita. Menulis kutipan dalam parafrase dilakukan untuk menghargai ide pengarang. Parafrase paling bermanfaat untuk mengurangi skor plagiasi, dan membuat teks artikel menjadi unik.

Apa itu parafrase?

Parafrase berarti mengungkapkan makna penulis dengan menggunakan kata-kata berbeda (sendiri) sesuai pemahaman kita (Yasa, 2021). Parafrase mengambarkan sesuatu tanpa mengutip secara tepat, memberikan deskripsi lebih umum sebagai gantinya. 

Parafrase dapat berarti menyajikan ulang tulisan / konten orang lain dengan kata-kata sendiri tanpa mengubah maknanya  (Brian, 2022).

Apa manfaat parafrase?

Adapun manfaat melakukan parafrase teks dalam penulisan jurnal sebagai berikut:

Menghindari tindakan plagiarisme. Plagiarime merupakan tindakan menyalin sebagian atau keseluruhan teks tanpa menyebutkan sumber utama. Tindakan plagiasi dapat dikenali dengan mengecek naskah dengan Aplikasi Turnitin. Turnitin berfungsi mengecek tingkat kemiripan naskah dengan dokumen yang telah terbit di internet seperti website, jurnal PDF, buku, dsb.

Kalimat panjang menjadi pendek. Menyalin ide utama, lalu menerjemahkan sesuai apa yang kita pahami. Tidak semua teks dalam paragraf kita salin, cukup ide utama sesuai konteks karya ilmiah yang dibuat. 

Paragraf sulit dipahami, menjadi mudah dicerna. Penulisan ulang, meringkas sebagian dan menyingkat teks membuat penulisan karya kita mudah dibaca oleh pembaca. 

Bagaima cara melakukan parafrase ?

Melakukan parafrase dapat dilakukan ketika menulis jurnal, atau ketika karya kita memiliki tingkat plagiasi tinggi setelah di cek turnitin. Menulis parafrase dikerjakan dengan dua cara yaitu secara manual dan otomatis. 

Parafrase manual dilakukan dengan merangkum poin penting, menyederhanakan dan meringkas ditambahkan kutipan dan referensi asli. 

Parafrase otomatis menggunakan tools (aplikasi) parafrase hasil dari bot / machine. Contohnya seperti SEO Magnifier, Spinner.id, Paraphrasing Tool, Prepostseo, Paraphrase-online, Article Rewriter, Best spinner id, dan Quillbot.

Aplikasi parafrase otomatis tidak hanya dapat digunakan untuk memparafase jurnal, namun juga parafrase teks skripsi, tesis, disertasi, makalah, buku dan karya ilmiah. 

Contoh Parafrase

Teks asli: Cuacanya hujan, jadi Doni memutuskan untuk mengemas payung dan jaket anti air. Meskipun awannya tebal, berita mengatakan akan cerah pada sore hari, jadi Doni membawa kacamata hitam favoritnya. 

Hasil parafrase: Doni memakai payung dan jaket parasit karena hari ini hujan, dan dia juga membawa kacamata kalau cuaca cerah.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai definisi, manfaat, teknik dan contoh parafrase yang dapat kami jelaskan dan rangkum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasanmu seputar parafrase. Jika ada pertanyaan dan masukan silakan tulis komentar.

Jika kamu tidak mau ribet melakukan parafrase, mediapustaka menawarkan solusi parafrase artikel/teks skripsi, jurnal, tesis, makalah, buku, dll. Silakan klik tautan hubungi kami, kami akan segera menanggapinya dan membantumu semaksimal mungkin. 

Media Pustaka Indonesia
Media Pustaka Indonesia Asistensi penulisan terbaik, insight dan rekomendasi jurnal. Keperluan jasa, silakan hubungi Whatsapp kami.