Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara cek plagiasi skripsi di Turnitin: Jangan sampai keliru!

Cara cek plagiasi skripsi  di Turnitin

Turnitin merupakan aplikasi yang digunakan untuk memeriksa kesamaan dokumen (jurnal, skripsi, tesis, dan makalah ilmiah lainnya). Tools Turnitin digunakan mahasiswa untuk memeriksa karya ilmiah, dan bagi dosen dan peneliti digunakan untuk menghindari plagiasi ketika publikasi jurnal nasional dan internasional. 

Mahasiswa/dosen dapat meminta bantuan cek turnitin di kampus atau perpustakaan nya sesuai prosedur yang ditetapkan (biasanya melalui email atau tautan link). Hasil (%) yang disyaratkan atau maksimal tingkat kemiripan dan plagiasi yaitu <20%, baik untuk skripsi, tesis dan disertasi. Adapun cara cek plagiasi skripsi, mahasiswa dapat meng upload satu file gabungan dari Bab 1 – Kesimpulan, serta tanpa footer dan daftar pustaka. 

Estimasi pengecekan Turnitin di Kampus biasanya kurang fast respon, karena terdapat waktu layanan dan antrian. Biasanya pengecekan dikampus dilakukan jam kerja (08.00-16.00) dan hasil pengecekan dikirim hari kerja Maksimal 3x24 jam (Senin-Jumat) melalui Email.

Waktu dan jam kerja yang kurang fleksibel membuat sebagian mahasiswa melakukan cek plagiasi di luar kampus dengan memanfaatkan jasa cek plagiasi Turnitin. Jasa cek turnitin skripsi tidak terlalu mahal dan lebih cepat hasilnya. Namun perlu diingat, mahasiswa harus tepat memilih jasa cek plagiasi. 

Tips memilih jasa cek plagiasi

Adapun langkah-langkah memilih jasa cek plagiasi yang tepat, sebagai berikut: 

  1. Turnitin aplikasi berbayar. Setiap melakukan cek skripsi di jasa turnitin gratis atau dengan biaya murah harus baca detail tentang prosedur dan mekanismenya. Pastikan bukan jasa cek turnitin abal-abal, dengan keamanan data tidak terjamin atau data nya nanti disebarluaskan. 
  2. Pilih Akun No Repository. Dokumen (skripsi) tidak disimpan dalam database atau sistemp penyimpan turnitin ketika dilakukan pengecekan. Akun ini aman, dan dipakai di kampus atau perpustakaan ketika melakukan cek plagiasi. 
  3. Sebaliknya jangan pilih Akun Repository. Kamu akan terjebak dengan duplikasi konten yang telah di upload sebelumnya. Jika awalnya tingkat plagiasimu 19%, ketika dicek kembali di akun repository maka hasilnya bisa 38% (terduplikasi-telah diupload ke 2x).

Manfaat jasa cek plagiasi 

Adapun manfaat memilih jasa cek plagiasi yang tepat, sebagai berikut:

  1. Dapat dihubungi via Whatsapp (Fast respond)
  2. Hasil cek plagiarisme lebih cepat (kurang dari 10 menit) dan dapat ditunggu
  3. Dapat melakukan perbaikan parafrase apabila hasil plagiasi tinggi, sehingga ketika di upload dikampus sudah sesuai tingkat minimum plagiasi yang ditetapkan

Format file cek plagiasi

Ketika cek plagiasi, pastikan format dan bentuk file sudah tepat untuk menghindari skor plagiasi tinggi, sebagai berikut:

  1. Bentuk file berupa Word atau PDF
  2. File yang diupload hanya berisi Bab 1 hingga kesimpulan (penutup). Tidak perlu cover, daftar isi, pengantar, daftar pustaka, dan lampiran. 
  3. Hapus footer (watermark), tabel uji-uji validitas (kuantitatif) di Bab 3 Metode penelitian ketika akan dicek, dan kembalikan lagi sesudahnya
  4. Kirim file tadi di tempat cek turnitin, dan lihat hasilnya (Lihat contoh)
contoh hasil cek plagiasi

Hindari "cara curang" cek plagiasi

Ada beberapa tips agar cek turnitin rendah <20% dengan cara-cara curang (tidak dianjurkan) dan berpontensi berisiko. Beberapa cara ini biasanya dilakukan oleh siapa saja maupun oknum, oleh karenanya pihak kampus atau perpustakaan wajib mengetahuinya, merubah maupun memberi peringatan/sanksi, sebagai berikut:

  1. Tidak menggunakan spasi di tiap kata, kalimat, dan paragraf. Hal ini dapat dilakukan dengan menjalankan perintah Find & Replace (ctrl + H) di Word. Caranya dilakukan dua tahap, yaitu Pertama: tekan Ctrl +H, masukan find what: "spasi", replace with: "x", lalu Replace All. Kedua: tekan Ctrl +H, masukan find what: "x", replace with: "x", atur format>font>font color putih, lalu Replace All. Huruf x ditiap kalimat menjadi tidak terlihat (Lihat hasilnya seperti contoh). Balik langkah tersebut, agar file menjadi normal.
  2. Menggunakan aplikasi spinner teks. Spinner teks umumnya dipakai oleh para blogger untuk menghasilkan ratusan artikel dalam sekejap. Hasil spinner teks beragam biasanya berupa pengubahan kata (sinonim) di setiap kalimat, mengubah susunan kalimat di tiap paragraf, dan mengurangi jumlah kalimat. Bahasa setiap paragraf menjadi kurang natural, dan tidak enak dibaca.
Cara curang cek plagiasi dengan spasi huruf x dengan warna putih

Jasa cek plagiasi Turnitin 

Apakah kamu ingin mengecek tingkat plagiasi skripsi dengan Turnitin? Mediapustaka punya solusinya, silakan klik link jasa cek plagiasi di bawah:

Hasil cek plagiasi kilat kurang dari 10 menit, no repository, hasil skor (%) plagiasi tidak berbeda dengan kampus, amanah dan terpercaya.

Apakah skor cek plagiasi Turnitin mu lebih dari 20% atau tinggi? Tenang Mediapustaka juga punya solusinya, silakan klik link jasa parafrase di bawah:

Parafrase untuk menurunkan tingkat plagiasi skripsi atau dokumen dengan skor kurang dari 20% atau sesuai kebutuhan. Hasil skor parafrase sampai sesuai dengan garansi tanpa batas waktu. 

Penutup

Demikian prosedur lengkap mengenai cek plagiasi skripsi, tesis, disertasi, jurnal dan laporan di Turnitin. Cek palgiarisme Turnitin sangat bermanfaat utamanya bagi mahasiswa, dosen, peneliti. 

Apakah kamu memiliki pengalaman menarik seputar cek plagiasi, hasil skor dan ataupun lainnya, silakan tulis pendapatmu di kolom komentar yang tersedia ya!

Media Pustaka Indonesia
Media Pustaka Indonesia Asistensi penulisan terbaik, insight dan rekomendasi jurnal. Keperluan jasa, silakan hubungi Whatsapp kami.