Style APA, Vancouver, Harvard, dan Turabian– Ada banyak style daftar pustaka yang digunakan untuk sitasi skripsi, jurnal, buku, dan karya ilmiah lainnya. Masing-masing style memiliki format dan bentuk beragam, baik menggunakan angka atau huruf, footnote atau bodynote.
Style tidak hanya digunakan untuk format daftar pustaka, ada juga style digunakan untuk menentukan format naskah, penulisan tabel, gambar, dan pengutipan wawancara seperti format APA Style. APA sangat banyak digunakan untuk format sitasi dan referensi karya ilmiah, baik dilingkup sosial-humaniora ataupun sains-teknologi.
Contoh format referensi lain seperti Vancouver, Harvard, dan Turabian banyak dipakai sebagai standar penerbitan jurnal dan buku. Adapun perbedaan pengutipan dan daftar pustaka Style APA, Vancouver, Harvard, dan Turabian dijelaskan sebagai berikut:
APA 6th Edition
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry (Rosdiana, Haris, & Suwena, 2019). Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book (Fiske, 2012).
Daftar pustaka
Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi (3rd ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318–330.
APA 7th Edition
Format APA 7th tidak lagi mencantumkan tempat/kota terbit, dan langsung menggunakan et al. untuk 3 pengarang/lebih berbeda dengan versi 6th.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry (Rosdiana et al., 2019). Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book (Fiske, 2012).
Daftar pustaka
Fiske, J. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi (3rd ed.). Raja Grafindo Persada.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318–330.
Vancouver SuperScript
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.1 Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.2
Daftar pustaka
- Rosdiana R, Haris IA, Suwena KR. Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. J Pendidik Ekon Undiksha. 2019;11(1):318–30.
- Fiske J. Pengantar Ilmu Komunikasi. 3rd ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2012.
Vancouver (bracket)
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry (1). Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book (2).
Daftar pustaka
- Rosdiana R, Haris IA, Suwena KR. Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. J Pendidik Ekon Undiksha. 2019;11(1):318–30.
- Fiske J. Pengantar Ilmu Komunikasi. 3rd ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada; 2012.
Harvard
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry (Rosdiana, Haris and Suwena, 2019). Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book (Fiske, 2012).
Daftar pustaka
Fiske, J. (2012) Pengantar Ilmu Komunikasi. 3rd edn. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rosdiana, R., Haris, I. A. and Suwena, K. R. (2019) ‘Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), pp. 318–330.
Turabian 8th full note
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.1 Lorem Ipsum has been the industry’s standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.2
Footnote
1Riski Rosdiana, Iyus Akhmad Haris, and Kadek Rai Suwena, “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online,” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11, no. 1 (2019): 318–330.
2John Fiske, Pengantar Ilmu Komunikasi, 3rd ed. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).
Fiske, John. Pengantar Ilmu Komunikasi. 3rd ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Rosdiana, Riski, Iyus Akhmad Haris, and Kadek Rai Suwena. “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 11, no. 1 (2019): 318–330.
Apakah kamu sudah mulai paham perbedaan style daftar pustaka APA, Vancouver, Harvard, dan Turabian? adakah yang masih mengganggu pikiranmu tentang style di atas? Silakan tulis dikolom komentar Ya!