Cara membuat daftar isi otomatis Skripsi di Google Docs

Kali ini saya akan berbagi tips gampang Cara membuat daftar isi otomatis Skripsi di Google Docs. Sebenernya caranya serupa dengan editing dokumen di word, namun kamu perlu tahu tipsnya agar apa yang kamu edit cepat selesai.

Langkah awal yang dapat kamu lakukan saat edit skripsi di google dokumen yaitu mengunduh template google docs untuk skripsi/tesis/disertasi (gratis). Setelah itu, kamu tinggal copy – paste – susun sesuai format template yang disediakan. Terakhir kamu tinggal save pekerjaanmu, gampangkan?

Masih belum paham? Yuk simak tutorial lengkap cara membuat daftar isi otomatis di google docs:

1. Unduh template daftar isi otomatis Skripsi di Google Docs

Template format google dokumen sudah dilengkapi dengan heading, daftar isi, tabel, gambar otomatis yang sudah diatur dan siap pakai. Template disajikan beberapa pilihan untuk kebutuhan skripsi, tesis, dan laporan.

Adapun fitur template layout sebagai berikut:

Pilihan heading otomatis Skripsi di Google Docs

Heading telah dicocokan dan disesuaikan sesuai kebutuhan skripsi dan tesis dengan sistem penomoran angka atau numeric untuk tiap Heading 2-5, sebagai berikut:

DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Kontribusi Penelitian
1.5 Sistematika Penulisan

Setiap heading di atas, tidak perlu diatur kamu cukup copy paste naskahmu ke dalam template layout. Selain itu, penomoran halaman juga sudah di atur yaitu page break, nomor halaman awal bab terletak ditengan dan setelahnya terletak kanan atas dengan jarak footer dan header 1,5 cm.

Contoh heading Cara membuat daftar isi otomatis Skripsi di Google DocsContoh heading Cara membuat daftar isi otomatis Skripsi di Google Docs

Formating konten otomatis Skripsi di Google Docs

Tiap heading 2 (Judul 2) sudah diatur menjadi 1.1, 2.1, 3.1, 4.1, 5.1 dst. Heading 3 ( (Judul 3) diatur free rules bisa digunakan untuk 1.1.1dst. Tiap konten dari heading 2-5 sudah diatur paragrafnya sehingga tidak perlu geset atau tab karena sudah format konten untuk paragraf utama dengan firsline (1,2cm/6-7 ketukan). Paragraf di bawahnya otomatis untuk heading 1, 2, 3, 4 dst. Terdapat performatan caption tabel, sumber dan kutipan dengan format 1 spasi.

Contoh daftar pustaka (APA style 6th edition)

Tersedia format dan contoh daftar pustaka manual mulai dari buku, bab buku, jurnal, prosiding, skripsi, website, undang-undang menggunakan APA style. Kamu juga bisa pakai platform Mendeley untuk mengatur daftar pustaka secara otomatis.

Format template Google Docs

Template layout skripsi-tesis (.docx) ini dapat digunakan untuk membuat daftar isi otomatis di Google dokumen (Google docs).

Update berkala dan dukungan perbaikan

Template layout akan diperbarui secara berkala melalui tautan yang sudah disediakan. Deskripsi pembaruan akan diberikan di akhir laman template daftar isi otomatis. Berikut beberapa perbaikan yang sudah disediakan:

Change log: 05 Februari 2022 – Penambahan format konten untuk kutipan wawancara secara otomatis (1 spasi), 7 ketukan.

Bonus page number landscape (copy-paste)

Page number landscape disediakan secara otomatis terpisah di luar Google docs. Apabila ada dokumen landscape dan membutuhkan nomor halaman potrait kamu tinggal copy paste template landscape ini.

2. Edit daftar isi sesuai template layout

Setelah download template daftar isi otomatis google docs skripsi tesis, maka kamu dapat copy paste secara otomatis.

Cara copy paste 

Siapkan naskah kamu, lalu masukan dengan cara copy dan paste sesuai Bab yang sudah disiapkan di template layout. Berikut proses edit daftar isi otomatis dengan template layout

  1. Copas cover skripsi tesis
  2. Copas konten isi
  3. Format paragraf sesuai heading, format kutipan, dan tabel
  4. Setup caption tabel, gambar, lampiran, dan format gambar dan tabel (wrap text dengan inline with text sesuai contoh).
  5. Update daftar isi, tabel, gambar, dan lampiran.

3. Save dan publish PDF

Pastikan skripsi tesis mu sudah dalam keadaan rapi sesuai keinginan. Lalu simpan dan publish. Maka hasilnya daftar isi otomatis kamu akan cepat selesai kurang dari 30 menit.

Jasa edit daftar isi otomatis?

Apakah kamu masih bingung gimana cara membuat daftar isi otomatis menggunakan google docs? Silakan tulis pertanyaan dikolom komentar.

Kamu tidak ingin ribet dengan daftar isi otomatis? silakan hubungi Mediapustaka.ID untuk membantu edit layout dan daftar isi otomatis. Pengerjaan editing standar 2 hari, bisa kilat dengan tambahan biaya. Data aman hanya untuk keperluan jasa, dan garansi sampai sesuai ya.