DeepL Translate untuk Menerjemahkan Jurnal Internasional

Mediapustaka.id – Apa kesulitan menerjemahkan jurnal internasional ke bahasa Indonesia? Jika Ya, maka DeepL Translate bisa jadi solusi terjemah dengan memertahankan format jurnal loh! simak ulasan lengkapnya.

Jurnal internasional merupakan sumber informasi yang penting bagi berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, peneliti, hingga akademisi. Namun, kenyataannya kebanyakan dari mereka kesulitan memahami teks jurnal internasional berbahasa asing.

Salah satu cara untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan menggunakan layanan terjemahan. Salah satu layanan terjemahan yang populer dan memiliki akurasi yang tinggi adalah DeepL Translate.

DeepL telah mendukung 28 bahasa, 2 jenis opsi (Translate text dan Translate files). Khusus untuk Translate files, tersedia 3 format yang di dukung, yaitu .pdf, .docx, dan .pptx (internationaljournallabs.com).

DeepL mampu menerjemahkan file jurnal berbagai bahasa dengan memertahankan tata letak (format) jurnal PDF sesuai aslinya.

Langkah-langkah Penggunaan DeepL Translate

Untuk menerjemahkan jurnal internasional menggunakan DeepL, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Translate text

Gunakan translate text untuk menerjamhkan dengan cara copy paste di lembar kerja. Copy paste teks di lembar kerja terbatas per 1500 kata/translate. Jika jumlah kata lebih dari tersebut, maka silakan gunakan translate files.

Langkah pertama: Buka situs web https://www.deepl.com/translator di web browser.

Baca Juga:  Penggunaan Elicit AI untuk Review Jurnal

Langkah Kedua:Di kotak Text to translate, masukkan teks atau tautan jurnal internasional yang ingin diterjemahkan.

DeepLtranslate homepage

Setelah menyalin teks ke kotak terjemahan, maka DeepL akan mulai menerjemahkan teks jurnal internasional secara otomatis. Proses terjemahan biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

Setelah terjemahan selesai, kamu dapat melihat hasil terjemahan di kotak Translated text.

Translate Files

Kamu bisa pakai translate files untuk menerjemahkan file PDF, PPT, dan DOC.  Jika membuat akun gratis, kamu bisa terjemahkan file hingga 3 files/bulan.

Translate files di DeepL Translate

Berikut contoh hasil translate file deepL, lihat gambar. Hasil terjemahan files tidak merubah struktur tata letak (format) jurnal.

Hasil terjemah PDF di DeepL Translate

DeepL Translate dapat membantu kamu menerjemahkan jurnal internasional dengan cepat dan akurat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menerjemahkan jurnal internasional ke dalam bahasa yang mudah dipahami.