Penggunaan Elicit AI untuk Review Jurnal

Mediapustaka.id – Di era informasi yang deras, penelitian dan penggalian pengetahuan seringkali terkendala waktu dan sumber daya. Menelusuri tumpukan jurnal, menganalisis data, dan mengekstrak informasi relevan bisa menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari. Elicit AI (Elicit) hadir, sebuah asisten riset cerdas yang siap merevolusi cara kamu menggali pengetahuan.

Elicit digunakan untuk mencari dan menganalisis jurnal secara cepat dengan bantuan AI. Elicit membantu menyelesaikan tugas penelitian yang memakan waktu seperti merangkum jurnal, mengekstraksi data, dan mensintesis temuan Anda (elicit.com).

Dikutip dari Ought.org, Saat ini, pengguna Elicit dapat menemukan jurnal ilmiah, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan merangkum temuan mereka. 

Fitur

Elicit secara memiliki 2 fitur utama yaitu discovery dan synstesis jurnal, antara lain:

DISCOVERY

  • Elicti digunakan untuk menemukan jurnal. Kamu dapat mengajukan pertanyaan penelitian dan mendapatkan kembali daftar jurnal yang relevan dari database Elicit yang berjumlah 200 juta.
  • Mendapatkan ringkasan abstrak satu kalimat
  • Memilih jurnal yang relevan dan cari makalah serupa lainnya,
  • Mengekstrak detail dari jurnal ke dalam tabel terorganisir.

SYNTHESIS

  • Memukan tema dan konsep di banyak jurnal. Apa saja efek obat ini? Apa saja kumpulan data yang telah digunakan? Dapatkan daftar hal yang kamucari, yang disintesis dari banyak makalah (https://elicit.com/#Features).

Cara Kerja

BARD merangkum cara kerja Elicit, Elicit bekerja seperti rekan peneliti yang sigap dan cermat, dengan kemampuan khusus dalam hal:

  • Pencarian Cerdas: Lupakan kata kunci kaku. Elicit memahami konsep dan hubungan antar dokumen, sehingga menemukan penelitian relevan, meski menggunakan istilah berbeda.
  • Ekstraksi Informasi Otomatis: Tidak perlu lagi membaca berlembar-lembar teks. Elicit secara otomatis mengidentifikasi poin-poin penting, data, dan kesimpulan penelitian.
  • Organisasi Pengetahuan: Dari sekumpulan jurnal yang berserakan, Elicit membangun peta pengetahuan yang terstruktur, memudahkan Anda memahami alur dan hubungan penelitian terkait.
  • Visualisasi Data: Elicit menyajikan data dalam bentuk grafik dan tabel yang intuitif, memperjelas tren dan korelasi yang mungkin tersembunyi dalam teks.

Manfaat

Manfaat Elicit untuk berbagai bidang riset sangatlah nyata:

  • Akademisi: Mahasiswa dan dosen dapat menghemat waktu penelitian, menemukan sumber daya tersembunyi, dan memperkuat argumen tesis mereka.
  • Industri: Tim R&D dapat dengan cepat memahami lanskap kompetitif, mengidentifikasi tren teknologi, dan menginspirasi inovasi baru.
  • Lembaga Riset: Analisis kebijakan atau evaluasi program menjadi lebih komprehensif, dengan data yang terkumpul lengkap dan akurat.
Baca Juga:  Mengurangi Skor Plagiasi Artikel Populer dengan Smodin

Penggunaan

Elicit AI memang bisa jadi rekan riset yang jempolan. Yuk kita bahas cara menggunakannya, supaya pengalaman menggali pengetahuan kamu makin maksimal!

Langkah pertama: Kunjungi Situs Web Elicit AI: Akses https://elicit.com/ dan buat akun gratis. Elicit juga punya paket berbayar dengan fitur lebih lengkap, tapi paket gratis pun sudah cukup powerful untuk memulai.

sign up elicit

Langkah 2: Jika sudah login, maka akan ada 3 menu tab utama: Search, Upload, Projects, dan Me. Tab-tab ini akan membantu Anda dalam berbagai langkah pencarian dan analisis.

Find paper elicit

1. Find papers

Sebagai contoh, kita akan mencari jurnal dengan kata kunci “personal digital archiving” di dalam menu find paper elicit, Masukan kata kunci dalam box dan klik enter (cari).  Maka dihasilkan temuan sebagai berikut (lihat gambar).

Ringkasan dari 4 jurnal

Ringkasan jurnal elicit

Fitur pencarian

  1. Sort: Setelah hasil muncul, Anda bisa menyaringnya berdasarkan kriteria seperti tanggal publikasi, jenis sumber, atau relevansi. Elicit juga memungkinkan kamu mengurutkan hasil berdasarkan kriteria tersebut.
  2. Filters: kamu bisa pakai filter rentang tahun, jenis metode penelitian ( review, meta analisis, systematic review, dll), kata kunci abstrak, dst.
filter elicit

Hasil pencarian jurnal, kamu bisa ADD COLLUMS seperti main findings intervention, dst. sehingga secara otomatis kamu melihat ringkasan dari jurnal sesuai kebutuhan dan bahkan kamu bisa menambahkan sendiri perintah yang ingin dibuat di search or create column. 

hasil pencarian elicit
hasil pencarian elicit

2. Extract data from PDFs

pilih menu extract data from pdfs, misal upload 4 file PDF tentang personal digital archiving.

Klik upload PDF, select semua paper.

Extract data from PDFs

berikut hasil ekstrak, dan hasil ringkasan jurnal

hasil Extract data from PDFs elicit

Tips:

  • Gunakan istilah spesifik dan jelas saat mengetik pertanyaan.
  • Manfaatkan filter dan fitur sortir untuk mempersempit hasil pencarian.
  • Baca ringkasan dan poin-poin penting sebelum membuka keseluruhan jurnal.
  • Anotasi dan simpan jurnal relevan dalam proyek untuk referensi mudah.
  • Jangan ragu bereksperimen dan berinteraksi dengan antarmuka Elicit untuk menemukan fitur-fitur terbaik.

Dengan mengikuti langkah-langkah dan tips ini, kamu akan segera menguasai Elicit AI dan memanfaatkannya untuk menggali pengetahuan secara efisien dan produktif. Selamat mencoba!