Panduan Menggunakan Mendeley

Panduan Menggunakan Mendeley – Mendeley adalah aplikasi untuk mengelola dokumen referensi, membuat kutipan dan daftar pustaka secara otomatis. Mendeley dapat digunakan mencari jurnal atau bab buku, membaca dan menandai teks PDF. Mendeley banyak dipakai oleh peneliti, mahasiswa dan dosen untuk kebutuhan riset, pengerjaan kutipan dan referensi proyek akhir (skripsi, tesis, disertasi dan jurnal).

Apakah kamu ingin belajar mengelola daftar pustaka di skripsi atau jurnal? Jika Ya, maka artikel ini menjabarkan cara menggunakan Mendeley. Langkah-langkah menggunakan Mendeley untuk editing kutipan dan daftar pustaka otomatis bisa kamu terapkan, lihat infografis dan simak ulasan lengkap berikut ini:

Infografis cara menggunakan mendeley

Panduan Menggunakan Mendeley dari instalasi, buat kutipan, dan daftar pustaka

1. Instalasi dan membuat akun Mendeley

  • Unduh Mendeley, pilih sesuai sistem operasi yang dijalankan (Windows/MAC). Jika error saat instalasi gunakan Mendeley 1.19.4 atau Mendeley 1.14
  • Buat akun dengan Klik “create free account atau create account”, lengkapi formulir yang tersedia
  • Kembali ke aplikasi, isikan username dan pasword, klik login
Baca Juga:  Perbedaan Kutipan, Parafrase, dan Ringkasan

2. Menambahkan dokumen dan metadata di Mendeley

Entri manual

Klik add entry manual, isikan metadata jurnal/buku/lainnya seperti Pengarang, tahun, tempat terbit, penerbit, ruas lainnya. Klik Save.

Menambahkan dokumen

Klik Add file (PDF, RTF, Doc, RefMan) kemudian pilih file yang akan di upload, klik open

Menambahkan refman dari Google Scholar

Kutip daftar pustaka jurnal/buku/lainnya di Google Scholar dengan klik icon (“) kutip. Unduh RefMan, lalu impor ke mendeley dengan klik add file

3. Menambah kutipan dan daftar pustaka Mendeley di Word

Klik Toolbar menu “References” pada Microsoft Word. Pada Kolom Mendeley Cite-O-Matic, klik Insert citation. Lalu ketik “Pengarang/judul/tahun” tekan OK.

Anda bisa juga menggunakan Shortcut (Alt + M). Lalu ketik “Pengarang/judul/tahun” tekan OK.

Membuat kutipan Mendeley

Ubah manual untuk kutipan langsung dan menambahkan nomor halaman, pilih keep manual edit. Bayang-bayang hitam kutipan menunjukan diketik menggunakan Mendeley.

Membuat daftar pustaka, pilih style (APA, Harvard, dll) lalu Klik Insert Bibliography. 

Membuat daftar pustaka Mendeley

Jasa Mendeley

Apabila kamu merasa kesulitan memakai dan input Mendeley di skripsi/tesis, Kamu bisa menggunakan Jasa Mendeley untuk membantu editing daftar pustaka.

Jasa mendeley disediakan untuk pengguna yang terkendala kutipan dan daftar pustaka skripsi, jurnal, tesis, dan disertasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *