Objek dan Subjek Penelitian

Mediapustaka.id – Objek penelitian berisi gambaran umum masalah yang diteliti yang berupa judul penelitian. Subjek penelitian berisi gambaran umum lokasi, situs, dan informan penelitian.

Objek penelitian

Sugiyono (2009) menjelaskan objek penelitian merupakan atribut atau sifat atau nilai dari seseorang, objek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang sudah ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya.

Contoh objek penelitian

  • Loan to Deposit Ratio (LDR) dan Return On Asset (ROA) (pokok masalah)
  • (1) Komitmen dosen (2) Sikap Dosen pada Jabatannya sebagai tenaga fungsional akademik, (3) Gaya Kepemimpinan Visioner Ketua program studi, dan (4) Kinerja dosen di Universitas Muria Kudus (pokok masalah)
  • aktivitas setup mesin yang memiliki nilai waktu tertinggi saat changeover pada line produksi housing F PT. Inti Ganda Perdana (pokok masalah)

Subjek Penelitian

Menurut Sugiyono (2010) subjek penelitian yaitu informan. Informan adalah sebutan bagi sampel dari penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian kualitatif bukan dinamakan responden, tetapi sebagai narasumber, atau partisipan, informan, teman dan guru dalam penelitian”.

Contoh subjek penelitian

  • PT. Bank Panin Tbk. (lokasi penelitian yang diamati)
  • mesin dan operator di line produksi housing PT. Inti Ganda Perdana. (situs dan informan yang diamati)
  • 1. Uje Syariefudin (Pemilik SUNMORE) 2. Ria (Ahli Desain) 3. Meta (Customer) (Informan yang diwawancara)
Baca Juga:  Kegunaan Videoscribe Sparkol untuk presentasi online

Sehingga, dapat diambil kesimpulan bahwa, dalam menuliskan gambaran umum objek dan subjek penelitian di dalam sebuah karya ilmiah (tugas akhir/skripsi), sebagai berikut.

Objek penelitian adalah hal yang menjadi pokok persoalan untuk kemudian akan diamati dan diteliti.

Subjek penelitian adalah orang, tempat atau benda yang diamati dalam penelitian sebagai sasaran.