Kamu perlu tahu apa itu Web of Science (WoS)!
Kamu perlu tahu apa itu Web of Science (WoS)!

Mediapustaka.idApakah kamu sudah pernah mendengar tentang jurnal yang terindeks Web of Science (WoS)? Jika belum, maka artikel ini akan membahas mengenai Kamu perlu tahu apa itu Web of Science (WoS)!

Web of Science atau disingkat WoS adalah sebuah indexing journal (pengindeks jurnal) serupa dengan Scopus (widyatama). Jahja (2017) menambahkan bahwa WoS (sebelumnya disebut Web of Knowledge) merupakan indeks sitasi yang semula diproduksi oleh Institute for Scientific Information (ISI), sekarang dikelola oleh Clarivate Analytics (sebelumnya oleh Intellectual Property and Science business of Thomson Reuters). Cakupannya sejak tahun 1900 hingga kini.

WoS mencakup berbagai jurnal ilmiah dari berbagai bidang ilmu, termasuk humaniora, sosial, sains, dan teknologi.

WoS dmemastikan bahwa jurnal yang terindeks WoS memenuhi aspek kualitas dan kredibilitas yang tinggi. Putra menyebut jurnal-jurnal yang terindeks dalam WoS berkualitas dan kredibel, karena:

  1. Standar ketat dalam pemilihan artikel yang diterbitkan.
  2. Proses seleksi yang melibatkan tinjauan sejawat membantu menjaga integritas dan kualitas ilmiah.
  3. Mewakili kontribusi signifikan dalam bidang penelitian tertentu,
  4. Menghadirkan gagasan inovatif,
  5. Metodologi yang canggih,
  6. Temuan yang dapat mengubah paradigma.

Mengapa Kamu Perlu Mengenal WoS?

Ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mengenal WoS, terutama jika kamu berkecimpung dalam dunia akademis dan penelitian:

  • Mencari Jurnal Berkualitas: WoS menyediakan informasi terperinci tentang jurnal ilmiah, termasuk faktor dampak (impact factor), sitasi per artikel, dan kategori bidang ilmu. Ini membantu kamu memilih jurnal yang tepat dan kredibel untuk mempublikasikan penelitianmu.
  • Melacak Kutipan: WoS memungkinkan kamu melacak siapa saja yang mengutip karya-karyamu. Ini penting untuk mengukur dampak penelitianmu dan melihat bagaimana kontribusimu diadopsi oleh peneliti lain.
  • Menemukan Literatur Terkait: WoS menyediakan fitur pencarian canggih yang memudahkan kamu menemukan literatur terkait dengan topik penelitianmu. Ini mempercepat proses penelitian dan memastikan kamu memiliki landasan teori yang kuat.
  • Mengevaluasi Kinerja Penelitian: WoS dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja penelitian suatu institusi atau negara. Informasi seperti jumlah publikasi, sitasi, dan faktor dampak dapat dijadikan indikator kemajuan dan performa riset.
  • Tujuan publikasi jurnal: Jurnal terindeks WoS dapat kamu pilih sebagai tempat publikasi karena memiliki nilai KUM (kredit) sks serupa dengan jurnal terindeks scopus. Selain itu, jurnal yang terindeks WoS merupakan jurnal yang berkualitas, memenuhi aspek dan kriteria yang ditetapkan WoS.
Baca Juga:  Apa itu Focus Group Discussion (FGD)?

Bagaimana Cara Menggunakan WoS?

Untuk menggunakan WoS, kamu memerlukan akses institusional melalui perpustakaan kampus atau lembaga penelitian tempat kamu bernaung. Setelah memiliki akses, kamu dapat menjelajahi database, mencari jurnal dan artikel, serta memanfaatkan fitur-fitur lainnya yang tersedia.

Kamu dapat mengakses Jurnal yang terindeks WoS  melalui tautan https://mjl.clarivate.com/search-results.

Beranda WoS
Beranda WoS

Adapun hasil penelusuran jurnal yang terindeks wos dapat dicari dengan menggunakan kata kunci, ISSN, dan judul dalam kotak pencarian. Klik Search journals untuk mulai mencari, contoh ketikan kata kunci library journal (Lihat gambar utk hasilnya)

hasil pencarian jurnal WoS
Hasil pencarian jurnal WoS

Tips Menggunakan WoS

Gunakan kata kunci yang spesifik: Semakin spesifik kata kunci yang kamu gunakan, semakin akurat hasil pencarianmu.

Manfaatkan filter pencarian: WoS menyediakan berbagai filter untuk mempersempit hasil pencarian, seperti jenis publikasi, tahun terbit, bahasa, dan kategori bidang ilmu.

Simpan pencarianmu: Kamu dapat menyimpan pencarian yang sering kamu gunakan untuk memudahkan akses di kemudian hari.

Ekspor data: WoS memungkinkan kamu mengekspor data bibliografi ke format lain, seperti BibTeX atau RIS, untuk digunakan dalam perangkat lunak manajemen referensi.

WoS untuk PAK Dosen

Artikel yang kamu terbitkan di jurnal terindek WoS, maka kamu akan mendapatkan nilai yang cukup tinggi untuk Penilaian Angka Kredit (PAK) Dosen. Biasanya diperlukan untuk kenaikan jabatan fungsional dosen, bisa menggunakan jurnal yang terindeks di WoS. Lihat ilustrasi berikut.

  • Jurnal International Bereputasi Web of Science memiliki IF WoS paling sedikit 0,05 memperoleh Nilai PAK 40.
  • Jurnal Internasional Web of Science memiliki IF WoS kurang dari 0,05 memperoleh Nilai PAK 30 (UNJ).

Dengan memahami dan memanfaatkan Web of Science, kamu dapat meningkatkan kualitas penelitianmu, memperluas jangkauan publikasimu, dan berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan. Jadi, tunggu apa lagi? Mulailah jelajahi WoS dan raih keunggulan dalam perjalanan akademismu!