Belajar Metode Kuantitatif dan Kualitatif Panduan untuk Peneliti Pemula dalam Memahami dan Memilih Metode
Belajar Metode Kuantitatif dan Kualitatif: Panduan untuk Peneliti Pemula dalam Memahami dan Memilih Metode

Mediapustaka.id – Apakah kamu kesulitan memilih metode kuantitatif dan kualitatif untuk karya tulis yang kamu buat?

Kalau iya, kamu wajib tahu dasar metode penelitian kuantitatif dan kualitatif.

Metode penelitian adan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah didasarkan pada ciri-ciri keilmuan, antara lain rasional, empiris dan sistematis.

Metode penelitian merupakan metode ilmiah untuk mendapatkan informasi, yang bertujuan untuk mendeskripsikan, membuktikan, mengembangkan, dan menemukan informasi dan teori, serta untuk memahami, memecahkan, dan memprediksi masalah kehidupan manusia (Sugiyono, 2013).

Terdapat tiga pendekatan umum yang paling sering digunakan dalam penelitian yaitu metode kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi dari kuantitatif dan kualitatif.

Metode Kualitatif

Metode penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang bertujuan untuk mempelajari keadaan objek alamiah, dimana peneliti sebagai instrumen kunci (Sugiyono, 2005).Terdapat lima pendekatan dalam penelitian kualitatif, diantaranya adalah narrative, phenomenology, grounded theory, ethnography, and case study (Bab 2 Jenis Penelitian).

Metode Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif digunakan sebagai alat kaji ilmu-ilmu alam. Permasalahan yang diangkat masih bersifat sementara dan akan terus berkembang ketika penelitian sedang dilakukan (Sugiyono, 2017). Salah satu jenis penelitian kuantitatif yaitu deskriptif-untuk menggambarkan data secara sistematis, baik melalui tabel frekuensi maupun grafik (Djaali, 2020).

Baca Juga:  Panduan Menulis Ragam Karya Ilmiah

Metode Campuran

Metode penelitian campuran (kombinasi dari kuantitatif dan kualitatif) yang merupakan metode gabungan dari kedua metode yang telah disebutkan sebelumnya.

Tapi peneliti pemula biasanya ragu, cenderung memilih kualitatif yang tidak ada perhitungan, dan kuantitatif yang terkait dengan angka-angka.

Tenang saja..

..dalam panduan gratis ini, kamu akan belajar metode penelitian untuk pemula. Dari nol.

Kamu yang sama sekali belum memahami mengenai sedikitpun metode penelitian, diakhir bab akan mengerti bagaimana mengaplikasikannya untuk riset yang akan anda lakukan. Baik untuk jurnal dan skripsi. Sedangkan jika kamu sudah mengerti sekilas, kamu akan bisa lebih mendalami metode penelitian.

Semua ini dalam hitungan jam. Membutuhkan ketekunan dan giat belajar.

Silahkan mulai dari bab 2 atau langsung menuju bab yang ingin kamu pelajari. Jika kamu butuh informasi lebih lanjut mengenai jenis pendekatan penelitian, lanjutkan membaca sebelum ke bab kedua.

Demikian penjabaran mengenai Belajar Metode Kuantitatif dan Kualitatif: Panduan untuk Peneliti Pemula dalam Memahami dan Memilih Metode. Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan