Evernote adalah aplikasi yang membantu Anda membuat dan mengatur catatan digital dan di semua perangkat Anda. Anda dapat menggunakannya sebagai lemari arsip digital untuk mengatur semua catatan Anda, baik itu resep, rencana strategis untuk pekerjaan atau catatan harian. Ini adalah alat organisasi yang ampuh untuk membantu sejumlah proyek untuk pekerjaan Anda atau kehidupan sehari-hari.
Tutorial ini akan menunjukkan kepada Anda cara memulai Evernote dan menjelaskan cara menggunakan fitur dasar.
Tutorial Evernote
Mulailah dengan Evernote
Untuk bergabung dengan jutaan pengguna lain di Evernote, buat akun gratis. Buka beranda Evernote melalui https://evernote.com/intl/id, dan klik Daftar di pojok kanan atas halaman.
Setelah Anda selesai melakukannya, Anda mungkin ingin mengunduh aplikasi desktop atau seluler juga. Anda tidak mengharuskan mereka untuk menggunakan Evernote, tetapi karena Evernote akan menyinkronkan semua perangkat Anda, tidak ada salahnya.
Perhatikan bahwa dalam tutorial ini, semua tangkapan layar berasal dari versi web aplikasi, tetapi cukup mirip di seluruh platform sehingga Anda dapat mengikutinya di perangkat apa pun.
Glosarium
Sepanjang tutorial ini, kami akan mengacu pada beberapa fitur utama Evernote. Jadi kita semua berada di halaman yang sama, inilah glosarium singkatnya:
- Catatan : Catatan adalah tempat Anda menulis konten. Anggap saja sebagai paket kertas kosong yang siap untuk inspirasi kreatif Anda yang akan Anda selipkan ke dalam penjilid setelah Anda menulisnya.
- Notebook : Notebook adalah kumpulan catatan mengikuti analogi, yaitu sebuah binder.
- Tag : Tag adalah kata deskriptif yang dapat Anda tambahkan untuk menautkan catatan Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin menandai catatan resep dengan makanan yang sesuai untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Anda dapat menamai tag sesuka Anda.
- Pintasan : Pintasan adalah tautan cepat ke catatan favorit Anda yang Anda buka berulang kali. Mereka muncul di bawah bagian Pintasan di bilah sisi.
Cara membuat catatan dan ide di Evernote
Sebelum Anda mulai menulis, ada baiknya Anda membuat beberapa buku catatan untuk memilah-milah di mana catatan Anda akan disimpan. Anda dapat mengatur catatan sesuka Anda, dan Anda selalu dapat menambahkan lebih banyak buku catatan, mengganti namanya, atau memindahkan catatan dari satu buku catatan ke buku catatan lain di lain waktu. Tetapi memiliki beberapa notebook untuk memulai adalah cara yang baik untuk mengenal sistem.
- Klik Buku Catatan di bilah sisi kiri untuk melihat daftar buku catatan. Kemudian klik Buku Catatan Baru.
- Beri nama buku catatan Anda. Dalam contoh ini, kami akan menamainya “Resep Makan Malam”. Klik Lanjutkan.
- Selanjutnya kita akan membuat beberapa notebook lagi dengan tema yang sama. Pada gambar di bawah ini, kami telah membuat “Resep Sarapan” dan “Resep Pencuci Mulut”. Anda akan melihat semuanya di daftar buku catatan Anda.