Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Aplikasi virtual meeting populer untuk rapat online


Sekarang ini platform virtual meeting banyak digunakan oleh beragam pengguna, baik untuk pembelajaran di kelas, rapat, dan konferensi ilmiah. Adanya kebutuhan platform ini membuat para pengembang software ramai-ramai membuat aplikasi meeting online, berbasis web dan aplikasi. 

Banyaknya aplikasi yang tersedia di pasaran justru membuat bingung konsumen / pengguna.Artikel ini akan membahas aplikasi yang populer di kalangan pengguna (siswa, peneliti, dan pebisnis). Sebelum ke pembahasan lebih jauh, kita coba telusuri makna virtual meeting, contoh aplikasi, dan cara akses aplikasi tersebut. 

Aplikasi rapat virtual (virtual meetings platform) adalah aplikasi web browser atau software yang diinstal pada komputer atau smartphone yang digunakan untuk pertemuan online. Menggunakan software rapat online, pengguna dapat terhubung melalui rapat virtual, juga dikenal sebagai konferensi web (web conferences) atau konferensi video (video conferencing) (Lim et al, 2022). 

Salah satu platform pertemuan virtual terkemuka adalah Zoom. Zoom merupakan perangkat lunak pertemuan web untuk pengguna yang ingin berkomunikasi dengan orang lain dari jarak jauh dengan cepat dan mudah. Kelebihan Zoom meeting yaitu video, audio yang jernih, dan opsi berbagi yang cepat, menjadikannya platform konferensi video pilihan para peneliti. Zoom biasanya digunakan  kelas, rapat, lokakarya, dan seminar selama pandemi.

Selain aplikasi Zoom, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meeting online. Dikutip dari Chen (2022), beberapa aplikasi virtual meeting seperti: Google Meet, Skype, Cisco Webex, Jitsi Meet, Toasty, Lifesize, Jami, Talky dan Whereby.

1. Google Meet

Google Meet merupakan platform pertemuan virtual yang dikembangkan oleh Gooogle. Google Meet dapat menyelenggarakan rapat virtual hingga 250 peserta, dan juga menawarkan tambahan fitur seperti teks langsung dan fitur anti-penyalahgunaan. Google meet dapat dipakai rapat secara gratis, tanpa ada batasan waktu. 

Google Meet untuk rapat online

2. Skype

Skype merupakan platform meeting online (awalnya untuk video call) milik Microsoft. Menggunakan Skype untuk konferensi, kamu bisa pakai rapat dengan peserta sebanyak 100 orang. Skype memiliki beragam fitur seperti merekam rapat, mengirim pesan, video dan subtitle, screen sharing yang merupakan fitur utama dalam meeting platform. 

Skype meeting platform

3. Cisco Webex

Cisco Webex adalah software untuk menyelenggarakan rapat atau game virtual dengan hingga 100 orang untuk durasi berapa pun. Fitur unggulan webex seperti calling, meetings, pesan, polling, dan event khusus seperti webinar.  


Sementara itu, myrepublic.co.id menambahkan rekomendasi virtual meeting lainnya seperti Microsoft Teams, Whatsapp, dan Blue Jeans. 

Whatsapp dapat digunakan untuk rapat, namun memiliki fitur terbatas yaitu untuk video call melalui smartphone hingga 8 orang, sementara whatsapp web dapat digunakan hingga 50 orang. Sementara ms teams dapat menampung hingga 100 orang peserta, dan Blue jeans dapat menampung 50 orang. 

Nah itulah tadi beberapa aplikasi populer yang biasanya digunakan untuk meeting atau konferensi virtual. Platform tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan, gunakan sesuai kebutuhan. Pastikan merekam video ketika melakukan rapat online sebagai dokumentasi kegiatan yang kamu lakukan. 

Referensi:

Chen, J (2022). "10 Best Virtual Meeting Platforms & Software" dalam https://teambuilding.com/blog/virtual-meeting-platforms diakses pada 4 Juni 2022 pukul 09.02 WIB

Lim, L. X., Lim, P. E., Lim, S. H., Lim, Y. X., & Oktaviandra, A. G. (2022). Hi, Let’s Meet Online! A Study of Virtual Meeting Platforms During the Pandemic. Asia Pacific Journal of Management and Education, 5(1), 126–140. https://doi.org/10.32535/apjme.v4i3.1432

Myrepublic. (2022). "Gratis! Ini Dia Aplikasi Online Meeting Terbaik Yang Bisa Kamu Gunakan" dalam https://myrepublic.co.id/aplikasi-online-meeting-terbaik/ diakses pada 4 Juni 2022 pukul 09.36 WIB

Media Pustaka Indonesia
Media Pustaka Indonesia Asistensi penulisan terbaik, insight dan rekomendasi jurnal. Keperluan jasa, silakan hubungi Whatsapp kami.