Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Transfer beda bank gratis pakai FLIP? Begini caranya

Ketika saya melakukan transfer beda bank, biasanya saya harus membayar biaya admin sebesar 2.500 - 6.500 per transaksi. Apalagi kalau transaksi lebih dari sekali, maka saya harus membayar biaya admin lebih banyak.

Baru-baru ini saya menemukan informasi berharga, bahwasanya sekarang bisa transfer beda bank secara gratis melalui aplikasi FLIP Transfer

Awalnya saya sempat ragu, karena belum pernah pakai aplikasi sejenis. Biasanya wajib foto selfie KTP dan tidak ada alternatif identitas. Apabila KTP buram, maka tidak bisa mengaktifkan fitur premium e-wallet seperti transfer. Namun setelah buktikan sendiri, barulah merasakan manfaatnya. 

Flip mendukung aktivasi dengan identitas selain KTP seperti SIM, dan tergolong cepat dalam aktiviasi fitur premium. Selain digunakan untuk transfer beda bank gratis, Flip mendukung transfer bank luar negeri- fitur yang tidak ada di e-wallet lainnya. 

transfer beda bank gratis pakai FLIP

Iniasiasi FLIP dimulai tahun 2015 dan diprakarsai oleh Arriyan, Sungkar, dan Solikhin (Pratama, 2017). Aplikasi flip dapat diakses di play store dan app store berjalan di smartphone.

Aplikasi transfer beda bank gratis dari FLIP masuk nominasi Forbes 30 under 30 Asia tahun 2021. Artinya forbes memberikan apreasiasi kepada anak muda di bawah 30 yang berkontribusi dan membuat terobosan baru (Ratriani, 2021). 

Flip telah bekerjasama dengan Bank Mandiri, BRI, BNI, Bank Syariah Indonesia (BSI), BCA, Jenius/BTPN, dll. Flip dapat digunakan untuk transaksi lainnya seperti beli pulsa, token listrik, dan pengisian saldo e-wallet. Dikutip dari Flip.id, Flip telah mengantongi lisensi 18/196/DKSP/68 dari Bank Indonesia dan telah menerapkan keamanan ganda pada data pribadi seluruh pengguna dan menjamin semua proses transaksi aman. 

Adapun cara kerja flip transfer beda bank yaitu kita diminta transfer ke sesama rekening,  di FLIP, lalu flip akan mentransfer ke rek tujuan. Contoh kita akan transfer ke Rekening BNI dengan nominal Rp. 150.000 dari Rekening BRI. Sejatinya kita akan terkena biaya admin sekitar 2.500-6.500. Namun, adanya flip kita akan diarahkan tranfer ke BRI flip, dan flip akan meneruskannya ke BNI sehingga tidak ada biaya admin. 

Selain bebas biaya, kamu juga bisa tahu seberapa besar jumlah penghematan yang kamu keluarkan untuk transfer beda bank. Nominal Flip di atas adalah besaran nominal hemat bukan saldo yang kamu simpan ya. 

contoh penghematan dengan transfer gratis di Flip

Ada beberapa alternatif selain FLIP yang dapat digunakan tranfer beda bank secara gratis, seperti DANA, OVO, dan Link Aja. Namun beberapa kekuranganya seperti ada batas gratis biaya admin, namun ada beberapa kelebihan lainnya. 

Menggunakan FLIP adalah pilihan, kamu bisa dengan mudah transfer beda bank tanpa potongan sehingga menghemat biaya dan mudah digunakan transaksi. Jika kamu tertarik daftar FLIP gunakan tautan ini dan masukan kode referal svop0606 berikut:

Media Pustaka Indonesia
Media Pustaka Indonesia Asistensi penulisan terbaik, insight dan rekomendasi jurnal. Keperluan jasa, silakan hubungi Whatsapp kami.