Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh daftar pustaka internet, jurnal, buku dan makalah (APA Style 6th Edition)

Mediapustaka.id - Pernah ga sih kamu kesulitan membuat daftar pustaka yang baik dan benar? Jika Ya, maka artikel ini bisa jadi pedoman membuat daftar pustaka buku, jurnal, makalah dan internetsesuai style yang sering dipakai.

Sebelum ke pembahasan, saya ingin menjabarkan apa itu kutipan, daftar pustaka dan style yang digunakan agar kamu tidak kebingungan.  Kutipan merujuk sumber atau referensi yang dikutip, lalu dicantumkan di karya yang dimiliki. Setelah mengutip, maka  sumber lengkapnya dapat ditaruh di daftar pustaka. Mengutip berarti menghargai ide dan mengapresiasi penulis atau pengarang tersebut. 

Menurut Libguides (2021) kutipan (citation/sitasi/sitiran) adalah cara memberikan apresiasi kepada penulis atas hasil karya mereka. Ia berfungsi untuk menelusur referensi dan menangkal tindakan plagiarisme. Ia dapat menyertakan nama penulis, tanggal, lokasi perusahaan penerbitan, judul jurnal, atau DOI (Digital Object Identifer).

Style (gaya) kutipan merupakan seperangkat aturan tentang cara mengutip sumber dalam tulisan akademis (Swaen, 2020). Ia menentukan informasi yang dibutuhkan kutipan dan bagaimana referensi diurutkan (abjad atau numerik), menentukan tanda baca dan pemformatan karya lainnya (Libguides, 2021).

Perbedaan format kutipan

Style memiliki aturan yang beragam khusunya kutipan dalam kurung atau kutipan numerik, penulisan daftar pustaka, dan beberapa style memiliki aturan performatan naskah sendiri (Swaen, 2020).

Jenis kutipan dalam  teks

  • Kutipan tanda kurung berisi nama belakang penulis, tahun publikasi dan nomor halaman, contohnya (Penulis, 2021: 14).
  • Kutipan footnote berupa kutipan catatan kaki 
  • Kutipan numerik atau angka yang digunakan pada saat mengutip dan menuliskan daftar pustaka, contohnya [1] atau (1) untuk kutipan, hal ini berdasarkan style masing-masing. 

Entri daftar pustaka

Setiap entri pada daftar pustaka sesuai dengan kutipan dalam teks, dan memberikan informasi publikasi lengkap kepada pembaca untuk menemukan sumbernya dengan mudah.

Pemformatan

Pemformatan mengacu pada konten yang harus dimuat di halaman sampul; margin, spasi dan ukuran font; judul dan judul; atau bahkan cara menulis angka dan singkatan.

Memilih Gaya Kutipan

Jurnal

Beberapa jurnal memiliki panduan gayanya sendiri dan membuat panduanya. Jika Anda menggunakan aplikasi seperti EndNote, Mendeley atau Zotero untuk mengelola referensi Anda, maka Anda cukup memilih jurnal target Anda dari daftar, dan gaya kutipan yang benar akan dimuat secara otomatis.

Tugas Akhir

Universitas sering kali mengamanatkan gaya kutipan tertentu, tetapi terkadang Anda diizinkan untuk memilih gaya kutipan yang Anda gunakan. Dalam kasus ini, pertimbangkan disiplin Anda dan pilih gaya yang memberikan informasi paling relevan.

Contoh daftar pustaka

Contoh daftar pustaka yang baik dan benar

American Psychological Association (APA Style) merupakan style yang paling banyak digunakan saat ini untuk kebutuhan penulisan jurnal dan tugas akhir di berbagai disiplin ilmu. APA Style menggunakan kutipan penulis, tahun dan nomor halaman dalam kurung. Contoh:

Cara mengutip:

Semakin tinggi pendidikan maka kemampuannya untuk menerima informasi dan menganalisis suatu situasi semakin meningkat (Sugiyono, 2016).

Cara membuat daftar pustaka

Wawan, A., & Dewi, M. (2011). Teori dan pengukuran pengetahuan, sikap dan perilaku. Muha Medika.

1. Contoh daftar pustaka dari internet

Cara buat dafpus dari web sangat mudah, kamu hanya membutuhkan nama pengarang, tahun, sumber URL, tanggal akses dan waktu akses.  Berikut contoh-contoh daftar pustaka dari internet: 

Maps online

Google Maps. (2019). Peta Desa Dalisodo Melalui Google Maps. Retrieved August 31, 2018, from Google website: https://www.google.com/maps/place/kantor+desa+dalisodo

Berita online:

CNN Indonesia. (2020). Jokowi: Fokus Nomor Satu Kita Tetap Kesehatan. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200907143632-20-543626/jokowi-fokus-nomor-satu-kita-tetap-kesehatan

Situs pemerintah

Kementrian Keuangan. (2018). APBN 2018. Retrieved December 25, 2019, from https://www.kemenkeu.go.id/apbn2018

Blog pribadi

Terang sabda. (2017). Apa arti kata gereja? Retrieved June 8, 2021, from https://www.terang-sabda.com/2017/08/apa-arti-kata-gereja.html

Instagram

Khan, I. (2019). The people of Pakistan will stand with the people of Kashmir until their freedom. Retrieved February 20, 2021, from https://www.instagram.com/p/B2huA_YHNwv

Youtube

While She Sleeps. (2018). While She Sleeps - ANTI-SOCIAL. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=22CmxMJU2V0

Facebook

Fruity Wax. (2020). Logo fruity wax. Retrieved May 28, 2020, from https://web.facebook.com/FruityWaxIndonesia/photos/a.593803314406621/802077193579231/?type=1&theater

2. Contoh daftar pustaka dari jurnal 

Menulis daftar pustaka dari jurnal cukup mudah, kamu hanya perlu menulis nama pengarang, tahun, judul, nama jurnal, volume, edisi, dan halaman. Berikut contoh penulisan daftar pustaka dari jurnal:

Jurnal 

Rahi, S., & Ghani, M. (2019). Integration of DeLone and McLean and self-determination theory in internet banking continuance intention context. International Journal of Accounting & Information Management, 27(3), 512–528.

Jurnal dengan URL 

Soetojo, S., & Astari, L. (2016). Profil Pasien Baru Infeksi Kandida Pada Kulit dan Kuku. Periodical of Dermatology and Venereology, 28(1), 34–41. Retrieved from https://e-journal.unair.ac.id/BIKK/article/download/2342/1698

Jurnal dengan DOI

Al Mousa, R. T., & Hassouna, M. M. (2008). Electrical stimulation in the treatment of neurogenic bladder dysfunction. Current Bladder Dysfunction Reports, 3(4), 195–202. https://doi.org/10.1007/s11884-008-0029-0

3. Contoh daftar pustaka dari buku

Menulis referensi dari buku sangat mudah, kamu butuh untuk mengetahui, nama pengarang (lastname), tahun, judul, dan penerbit. Berikut contoh-contoh daftar pustaka buku:

Buku teks 

Mertokusumo, S. (2003). Mengenal Hukum. Yogyakarta: Liberty.

Buku dengan Edisi

Littlejohn, S. W. (2009). Teori Komunikasi Theories of Human Communication (9th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Buku tanpa kota terbit

Reid, A. (2011). Menuju sejarah Sumatra: antara Indonesia dan dunia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Buku dengan editor

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif (Tjetjep Rohendi Rohidi, Ed.). Jakarta: UI Press.

4. Contoh daftar pustaka makalah

Cara membuat dapus makalah (makalah ilmiah, tesis, skripsi) serupa dengan membuat referensi buku teks. Berikut contoh-c

ontoh dapus makalah: 

Tesis

Puspitasari, I. (2007). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pasar Swalayan ADA-Semarang. Universitas Diponegoro.

Skripsi

Yasa, I. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Buku Perpustakaan Berbasis Web (Studi Kasus: SMP Negeri 1 Selemadeg Timur).Universitas Teknologi Yogyakarta.

Disertasi

Wahyono, H. (2001). Pengaruh Perilaku Ekonomi Kepala Keluarga terhadap Intensitas Pendidikan Ekonomi di Lingkungan Keluarga. Universitas Negeri Malang.

Makalah (Konferensi)

Bahagia, R., Putri, L. P., & Rizdwansyah, T. (2018). Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwil I Medan. Prosiding Seminar Nasional Vokasi Indonesia, 1(1), 100–105.

Makalah dari internet

Rijal, T. (2016). Makalah Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak. Retrieved June 20, 2021, from http://www.sanggarkesehatan.com

Majalah ilmiah

Kusumastuti, E., Handajani, J., & Susilowati, H. (2014). Ekspresi COX-2 dan Jumlah Neutrofil Fase Inflamasi pada Proses Penyembuhan Luka Setelah Pemberian Sistemik Ekstrak Etanolik Rosela (Hibiscus sabdariffa)(studi in vivo pada Tikus Wistar). Majalah Kedokteran Gigi Indonesia, 21(1), 13–19.

Majalah Online

ANRI. (2019, July). Majalah Arsip. Retrieved from https://www.anri.go.id/download/arsip-untuk-masyarakat-edisi-77desember2019-1580875142

Solusi membuat daftar pustaka jurnal, buku dan makalah

Mediapustaka.id punya solusi untuk jasa editing daftar pustaka menggunakan aplikasi Mendeley. Ga ribet, tanpa khawatir style tidak sesuai dan daftar pustaka terlewat. Pesan sekarang? Silakan hubungi kami melalui Instagram atau pesan wa di bawah ini: 

Media Pustaka Indonesia
Media Pustaka Indonesia Asistensi penulisan terbaik, insight dan rekomendasi jurnal. Keperluan jasa, silakan hubungi Whatsapp kami.