Cara mencari jurnal di Google Scholar

Google scholar adalah mesin pencari sartikel, jurnal, dan buku gratis yang disediakan Google. Sumber informasi Google Cendikia diperoleh dari crawling dan indexing situs ilmiah yang menggunakan tag Dublin Core.

Google scholar paling bermanfaat untuk membuat profil peneliti menampilkan karya ilmiah. Pengguna dapat membuat profile secara manual dengan memilih profil saya lalu tambahkan jurnal dan buku yang telah dipublikasikan

Beberapa fitur lainnya dari Google Cendikia antara lain:

  1. Memperoleh update jurnal terbaru. Kamu dapat menambahkan bintang * pada laman pencarian jurnal. Sehingga, artikel tersebut akan secara otomatis memberikan update berkala untuk jurnal yang kamu minati
  2. Membuat daftar pustaka otomatis. Dengan memilih ” kutip maka kamu dapat membuat daftar pustaka otomatis dengan style: APA, MLA, dan ISO 690. Selain itu kamu juga dapat impor daftar pustaka dengan format BibTeX, EndNote, RefMan, dan RefWorks.
  3. Mencari jurnal terkait. Kamu bisa memilih jurnal terkait, yang akan menghasilkan beberapa jurnal terkait sesuai tema dan kata kunci yang sedang kamu telusur.

Poin pembahasan. Secara garis besar poin pembahasan dari artikel ini sebagai berikut:

  1. Daftar Google Cendikia
  2. Login Google cendekia
  3. Cara mencari buku di google cendekia book
  4. Cara mencari jurnal di google cendekia journal
Infografis Cara menggunakan Google Scholar

Cara menggunakan Google Scholar (GS)

1. Cara daftar Google Scholar

Cara daftar Google Cendikia tidak sulit, kamu wajib memiliki akun gmail. Lalu buka tautan https://scholar.google.co.id/ secara otomatis profil GS akan tersambung (Lihat contoh profil GS). Kamu juga bisa verifikasi dengan gmail edu (.ac.id), sehingga profil GS terverifikasi.

Baca Juga:  Kamu perlu tahu apa itu Web of Science (WoS)!

Beberapa item yang terlihat di profile seperti a) Ikuti (follow) untuk mengikuti dan mendapatkan informasi terbaru dari penelit, dan b) dikutip oleh menunjukan jumlah kutipan dari orang lain yang mencatumkan daftar pustaka karya kita.

Kamu juga bisa menambahkan pengarang bersama, yang berarti pengaran lain terlibat dalam karya mu. Dengan mendaftar GS kamu akan memperoleh beragam manfaat, seperti untuk menunjukan minat mu dalam riset dan penulisan buku, serta sebagai branding kamu sebagai peneliti.

contoh profil Google Scholar
Contoh profil otomatis di GS

2. Cara login GS

Cara login Google Cendikia cukup mudah, kamu tinggal buka tautan https://scholar.google.co.id/. pada tab menu masuk, silakan isikan email dan pasword gmail yang telah kamu buat sebelumnya. Setelah login jangan lupa simpan sandi.
Cara login Google scholar
Login Google scholar 

3. Cara mencari buku Google Scholar

Kamu bisa temukan ebook PDF secara gratis di GS. Buka tautan scholar.google.co.id ketikan kata kunci dan tambahkan Filetype:PDF. Contohnya Novel Filetype:PDF. Pencarian akan menghasilkan novel dengan format PDF. Kamu juga bisa kombinasikan dengan kata kunci “Ebook” atau lainnya.

Gunakan filter untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan rentang tahun terbaru, artikel paling relevan dan sesuai tanggal.

ebook PDF secara gratis di Google Scholar.
Hasil pencarian buku

4. Cara mencari jurnal Google Cendikia

Kamu bisa mencari jurnal bahasa dan inggris di GS. Caranya buka tautan scholar.google.co.id ketikan kata kunci jurnal lalu klik Cari. Hasil pencarian menampilkan  jurnal, bab buku, dan terkadang buku lengkap (Lihat contoh).

Baca Juga:  Mencari daftar pustaka yang lupa

Terdapat filter (batasan) pada menu pencarian yang dapat diterapkan pada GS utamanya pembatasan pencarian berdasarkan rentang waktu (tanggal). Pada kolom tiap hasil pencarian terdapat icon tertentu sebagai berikut:

  • Icon bintang menunjukkan dokumen tersebut dapat disimpan dan kita akan menerima update dari setiap pembaruan artikel yang berkaitan dengan judul tersebut.
  • Icon kutipan ” untuk membuat daftar pustaka dari dokumen.
  • Dirujuk 56 kali, menunjukan artikel telah dikutip oleh penulis lain, semakin banyak dikutip semakin bagus.
  • [HTML] digunakan untuk membaca konten melalui web browser.
  • [PDF/DOC] menunjukkan file tersebut dapat diunduh.
hasil pencarian jurnal di Google scholar
Hasil pencarian jurnal

Tips Google Cendikia

Tidak hanya digunakan untuk mencari jurnal dan buku gratis, GS paling bermanfaat untuk membuat daftar pustaka otomatis secara manual. Apabila dikombinasikan dengan Mendeley kamu tidak perlu lagi entri manual mendeley-cukup import bibtex GS l   rf sehinga metadata jurnal/buku dapat terpanen otomatis.

Ketika kamu lupa mengetikan daftar pustaka di karya ilmiah, kamu dapat manfaatkan GS. Caranya copy paste paragraf kamu di kotak pencarian, maka akan menampilkan kutipan dari jurnal (PDF), copy paste daftar pustaka ke karya ilmiah. Google Scholar solusi terbaik apabila kamu lupa mencatumkan daftar pustaka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *